ARTICLE

Thu - Dec 15, 2022 / 240 / Inspirational

Salah Tidak Jika Menulis Christmas Menjadi Xmas?

Natal juga kadang-kadang dikenal sebagai Xmas. Apakah kakak salah satunya? Beberapa orang berpikir bahwa menyebut Natal sebagai 'Xmas' adalah tidak benar karena hal itu menghilangkan makna 'Kristus' (Yesus) dari Natal. (Karena Natal berasal dari Christ-Mass, kebaktian Gereja yang merayakan kelahiran Yesus).

Tapi ternyata hal itu tidak benar! Dalam bahasa dan alfabet Yunani, huruf yang terlihat seperti X adalah huruf Yunani chi / Χ (diucapkan 'kye' - berima dengan 'mata') yang merupakan huruf pertama dari kata Yunani untuk Kristus adalah Christos.

Gereja mula-mula menggunakan dua huruf pertama dari Christos dalam alfabet Yunani 'chi' dan 'rho' untuk membuat monogram (simbol) untuk mewakili nama Yesus. Ini terlihat seperti X dengan p kecil di bagian atas: 

Simbol ikan kadang-kadang digunakan oleh orang Kristen (Anda mungkin melihat stiker ikan di mobil atau seseorang yang mengenakan lencana ikan kecil). Ini berasal dari masa ketika orang-orang Kristen pertama harus bertemu secara rahasia, karena orang-orang Romawi ingin membunuh mereka (sebelum Kaisar Konstantinus menjadi seorang Kristen). Yesus telah mengatakan bahwa dia ingin menjadikan para pengikutnya sebagai 'Penjala Manusia', jadi orang-orang mulai menggunakan simbol itu.

Ketika dua orang Kristen bertemu, satu orang menggambar setengah bentuk ikan (seringnya mereka menggunakan kaki untuk menggambar` di tanah) dan orang lain menggambar setengah ikan lainnya. Kata Yunani untuk ikan adalah 'Ikthus' atau 'Ichthys'. Ada lima huruf Yunani dalam kata tersebut. Kata ini juga dapat membentuk kalimat kepercayaan Kristen 'Ie-sous Christos Theou Huios So-te-r' yang dalam bahasa Inggris berarti 'Jesus Christ, Son of God, Saviour'. Huruf kedua dari kelima huruf ini adalah X atau Christos!

Jadi Xmas juga bisa berarti Natal; tetapi juga harus diucapkan 'Christmas' bukan 'ex-mas'!

Contasia C

COntent writer coordinator
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK