ARTICLE

Wed - Feb 05, 2020 / 3698 / Sunday School

SERBA-SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #3 – PENTING GAK SIH EVALUASI PELAYANAN SEKOLAH MINGGU

Pelayanan sekolah Minggu sering sekali dianggap sebagai pelayanan ‘tambahan’ bagi banyak gereja. Sehingga, kadang persiapannya pun terkesan ‘tidak disiapkan’ dan pelayannya pun terkesal ‘asal pilih’. Padahal, pelayanan sekolah Minggu adalah ujung tombak utama gereja loh.

Dari sekolah Minggu, generasi gereja 10 sampai 15 tahun ke depan akan ditentukan. Karena itu, pelayanan ini tidak boleh main-main. Termasuk ketika melayani. Karena itu, beberapa gereja melakukan evaluasi dalam setiap pelayanan sekolah Minggu. Apa sih fungsi dari evaluasi?

Baca juga: WASPADA VIRUS CORONA! YUK JAGA DIRIMU DENGAN BEBERAPA HAL INI!

  1. Mengkoreksi selama ibadah

Banyak gereja yang gak terlalu peduli tentang evaluasi. Padahal, fungsi pertama evaluasi adalah mengkoreksi apa yang kurang tepat ketika melayani. Mulai dari pelayan yang datang telat, pembawa Firman yang lupa menggunakan ilustrasi, atau anak yang susah diatur saat ibadah.

Fungsi kita mengetahui itu semua adalah agar kita tahu yang mana yang benar, dan yang mana yang salah. Ketika kita tahu, kita bisa mempraktekkannya ketika minggu depan kita mengadakan ibadah sekolah Minggu.

Sumber: Unsplash
  1. Meningkatkan kualitas pelayanan

Selain untuk mengoreksi, selalu ada review dari minggu per minggu dalam setiap evaluasi. Tujuan review adalah untuk mengingat apa kekurangan minggu lalu yang dilakukan di minggu ini. Jika ada, kita bisa cari tahu kenapa itu bisa terjadi.

Jadi, setiap minggu, kita bisa melihat progres kita dalam melayani loh. Itu pasti akan meningkatkan kualitas pelayanan kita, dan juga meningkatkan semangat anak-anak yang kita layani juga loh kak.

Sumber: Okezone Lifestyle
  1. Evaluasi tempat rekonsiliasi

Pernah dengar istilah rekonsiliasi? Itu adalah keadaan berdamai setelah bermusuhan. Tahu gak sih, itu salah satu penting evaluasi. Biasanya, ketika melayani, orang punya keadaan yang berbeda-beda. Ada yang semangat, sedang lelah, sedang bad mood, dan lainnya. Kadang, itu mempengaruhi pelayanannya, bahkan rekan pelayanannya.

Jadi, konflik-konflik, baik kecil atau besar, bisa saja terjadi ketika pelayanan. Karena itu, evaluasi bisa banget jadi tempat untuk saling bermaafan dan kembali satu visi. Karena, konflik itu manusiawi, tapi mengampuni itu surgawi. Sebagai pelayan anak, harus banget kita hidupi nilai surgawi setiap hari, bahkan dalam pelayanan kita.

Baca juga: #RAME2JADIBERKAT – GIDEON DAN KEMENANGAN BANGSA ISRAEL

Pelayanan sekolah Minggu harusnya disiapkan dengan matang. Jadi, perlu juga evaluasi, agar pelayanan semakin maksimal, dan semakin banyak generasi anak yang mengenal Kristus melalui pelayanan kakak. Karena, pelayanan kita menentukan masa depan gereja loh. Jadi, jangan asal ya kak..

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK