ARTICLE

Fri - Oct 25, 2019 / 2185 / Sunday School

SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU (PART 1) - ATASI KELELAHAN DALAM MELAYANI

Menjadi pelayan Sekolah Minggu bukan hal mudah loh. Selain mengurusi banyak anak-anak, kita pun harus terlihat ceria dan penuh semangat di depan anak-anak. Belum lagi, jika harus melayani di setiap ibadah sekolah Minggu, bagi gereja yang memiliki ibadah lebih dari sekali. Jadi, pasti banyak banget serba serbi pelayan sekolah Minggu yang bisa kita bahas.

Tahu gak kak, ternyata, ada juga pelayan sekolah Minggu yang memutuskan mundur dari pelayanan  karena terlalu capek melayani sekolah Minggu. Jadwal yang padat di hari Minggu, ditambah lagi harus beraktifitas di hari Senin membuat tubuh dan pikiran sangat letih. Nah, buat kakak yang sekarang sedang ngalamin hal yang sama, gimana sih cara manage diri kita supaya tetap onfire Minggu dan Senin?

Baca juga: AYO SELESAIKAN AMANAT AGUNG! KITA MURIDKAN GENERASI DIGITAL BERSAMA!

  1. Miliki waktu pribadi dengan Tuhan sebelum melayani

Terkesan sepele, tapi ini penting banget. Banyak pelayan yang burned-out karena mengandalkan kekuatan dan kemampuannya ketika memulai pelayanan. Please kak, awali pelayanan kakak bersama Tuhan. Karena, tujuan kakak melayani sekolah Minggu pun untuk mengenalkan Tuhan ke anak. Bagaimana mau mengenalkan, kalau kita tidak mengenalNYa?

Jadi, awali pagi kakak dengan berdoa, membaca firman dan merenungkannya, sebelum memulai pelayanan. Percayalah, Tuhan akan berikan kekuatan dan hikmat baru dalam pelayanan kakak.

  1. Set pikiran yang positif

Nah, setelah selesai ambil waktu pribadi dengan Tuhan, jangan lupa untuk set pikiran kita dengan hal positif. Mulai perkatakan dengan mulut mu semua hal baik yang ingin kamu lakukan dan kamu inginkan terjadi dalam pelayanan mu.

Contoh, perkatakanlah dengan mulut mu “Hari ini, akan ada anak baru yang mengenal Kristus”, “Aku bisa menjadi berkat buat banyak orang”, atau “Tuhan akan jamah hidup orang melalui pelayanan ku”. Ingat, perkataan mu punya kuasa loh. Jadi, yuk perkatakan hal baik sebelum melayani!


  1. Manfaatkan istirahat sebaik mungkin

Ini yang kadang suka kakak lupakan. Karena kesannya ‘berkorban’, kita jadi terlalu paksa diri kita sampai lupa istirahat. Ingat kak, istirahat itu penting untuk membuat diri kita kembali segar dan fokus. Jika ada jeda ibadah, manfaatkan untuk istirahat. Bukan hanya ketika lelah fisik, ketika capek secara emosi, kaka bisa ambil waktu untuk ‘istirahat’

Contoh, ketika kakak baru saja dimarahi oleh kakak senior karena pelayanan kakak ‘acak-acakan’, jangan dipaksakan untuk tetap kuat kalau ternyata kakak menjadi emosi. Kakak bisa ‘istirahat’ sebentar ke kamar mandi, atau ke ruang kosong, dan ambil waktu tenang disana selama 5-10 menit. Itu akan membuat kakak lebih baik loh.

Baca juga: LAGU-LAGU YANG COCOK UNTUK COVER #MAKELAGUSMHITSAGAIN (PART 3)

Jadi, buat kakak-kakak yang pengen keluar pelayanan karena ngerasa capek dengan jadwal yang padat, bisa dicoba semua tips ini. Ingat kak, pelayanan tidak selalu nyaman! Berkorban dalam melayani adalah kewajiban seorang pelayan. Berkorban waktu, tenaga, pikiran, bahkan uang, itulah harga yang dibayar untuk menyelamatkan jiwa.

Jadi, sudah siap untuk mulai melayani minggu ini kak? Yuk, tetap semangat melayani, karena di dalam Tuhan, jerih lelah mu tidak akan sia-sia. Semangat melayani!

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK