ARTICLE

Fri - Nov 01, 2019 / 803 / Sunday School

SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #2 - PEKERJAAN VS PELAYANAN

Menjadi pelayan Sekolah Minggu bukan hal mudah loh. Selain mengurusi banyak anak-anak, kita pun harus terlihat ceria dan penuh semangat di depan anak-anak. Belum lagi, jika harus melayani di setiap ibadah sekolah Minggu, bagi gereja yang memiliki ibadah lebih dari sekali. Jadi, pasti banyak banget serba serbi pelayan sekolah Minggu yang bisa kita bahas.

Sebagai pelayan sekolah Minggu, kita sering banget terjebak dengan istilah “pekerjaan vs pelayanan”. Kita harus total dalam melayani, tapi tidak jarang juga kita harus loyal dengan pekerjaan. Itu membuat kita kadang harus memilih yang satu dan meninggalkan yang lain. Nah, buat para pelayan generasi anak yang juga punya masalah yang sama, kira-kira gimana ya cara untuk mengatasinya.

Baca juga: INI DIA! 3 TANTANGAN BESAR MELAYANI GENERASI ANAK JAMAN NOW!

  1. Miliki prioritas

Ini hal yang paling dasar untuk kita miliki. Jika selama ini kita kesulitan memilih, berarti kita belum memiliki prioritas yang benar. Yang pasti, cara orang memilih prioritas berbeda-beda. Tapi, pastikan, prioritas kita berfokus kepada menyenangkan Tuhan. Nah, kalau menyenangkan Tuhan, kakak harus tahu, bahwa kantor juga tempat kita bisa menyenangkan Tuhan loh.

Contoh kasusnya adalah jika kamu ada jadwal kumpul GSM dadakan, tapi kamu harus lembur di kantor. Tidak apa-apa untuk memilih lembur kak, kalau itu tanggung jawab kakak. Tapi, kakak jangan lupa untuk bertanggungjawab dengan pelayanan kakak. Minimal, kakak minta hasil rapat dan pelajari. Intinya, utamakan hal yang menyenangkan hati Tuhan kak.

Sumber: Hello Sehat
  1. Sediakan waktu untuk istirahat

Ini sangat wajib dilakukan oleh kita. Karena, kita bisa lelah. Pekerjaan yang kita lalui di hari biasa sudah membuat kita sangat lelah, lalu ditambah dengan pelayanan di Sabtu dan Minggu. Belum lagi, jika di hari biasa, ada kumpul atau rapat membahas acara besar atau konsep ibadah minggu ini. IItu pasti akan membuat tubuh kita mudah lelah.

Jadi, belajar untuk tahu batasan tubuh kita kak. Jika kakak terlalu memaksakan, mungkin terkesan kakak sangat totalitas, tapi kakak tidak melayani dengan maksimal kak. Tubuh yang lelah, fokus yang berkurang, bahkan mata yang mengantuk bisa membuat pelayanan kakak jadi batu sandungan. Jadi, yuk belajar miliki waktu istirahat kita sendiri.

  1. Mengucap syukur

Kadang, yang membuat kita burned-out dari pelayanan bukan karena kita lelah bekerja dan melayani, tapi karena kita selalu mengeluh. Percaya atau tidak, mengeluh membuat kita susah melihat hal baik loh. Karena itu, penting untuk terus mengucap syukur dalam kelelahan kita, agar kita sadar bahwa Tuhan yang izinkan kita untuk bekerja dan melayani. Jadi, yuk bersyukur!

Baca juga: YUK, AJAR ANAK SEMAKIN MENDEKAT KEPADA KRISTUS DENGAN CARA INI!

Intinya, apapun yang sedang kakak alami, dalam dunia pekerjaan dan pelayanan, keduanya adalah kasih karunia. Maksimalkan keduanya agar bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Ingat kak, tujuannya adalah nama Tuhan dimuliakan melalui hidup kakak. Jadi, jangan menyerah ya.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK