ARTICLE

Fri - Mar 06, 2020 / 736 / Sunday School

SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #9 - CARA MUDAH TETAP SEMANGAT DAN KREATIF

Pelayan sekolah Minggu biasanya dikenal dengan dua hal, penuh semangat dan kreatif. Kita harus selalu ceria dan penuh semangat agar anak-anak bisa tertular. Kita juga harus kreatif dalam menyiapkan ibadah, agar anak-anak tidak bosan.

Masalahnya, kadang saat ibadah, kita pernah kehilangan salah satu dari dua hal ini, atau bahkan keduanya. Terus, gimana sih caranya biar selalu penuh semangat dan kreatif setiap melayani di sekolah Minggu?

Baca juga: SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #8 – CARA MUDAH AJAK ANAK AKTIF MELAYANI SEKOLAH MINGGU

  1. Miliki waktu pribadi dengan Tuhan

Banyak pelayan yang capek, bahkan hilang kreatifitas mereka karena mengandalkan kekuatan dan kemampuannya ketika memulai pelayanan. So, please kak, awali pelayanan kakak bersama Tuhan, dengan doa serta membaca dan merenungkan firman.

Karena, tujuan kakak melayani sekolah Minggu pun untuk mengenalkan Tuhan ke anak. Bagaimana mau mengenalkan, kalau kita tidak mengenalNYa?. Percayalah, Tuhan akan berikan kekuatan dan hikmat baru dalam pelayanan kakak.

  1. Istirahatlah!

Semangat dan kreatifitas dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah kondisi fisik. Kalo kita capek, susah banget untuk semangat, apalagi berpikir. Maka dari itu, kalau memang sudah lelah, istirahatlah kak! Ingat, totalitas boleh saja, tapi jangan lupa berhikmat ya kak!

  1. Perbanyak referensi

Nah, ini sepele banget, cuman penting. Ide itu tidak ada yang murni asli. Ide baru biasanya merupakan pengembangan dari sebuah ide atau inspirasi dari ide sebelumnya. Jadi, ide yang kreatif juga bisa dipengaruhi dari seberapa banyak referensi yang kamu punya.

Jadi, yuk perbanyak cari tahu ide konsep ibadah dan cara membawakan firman Tuhan yang kreatif. Bisa dengan cara bertanya kepada rekan sepelayanan, rekan beda gereja, atau bahkan di internet. Banyak kok sumbernya kak. Yuk, lebih rajin lagi belajar!

  1. Minta dan catat evaluasi!

Jangan lupa, setiap ibadah, lakukan evaluasi untuk pelayanan kakak. Kalau di sekolah Minggu kakak tidak ada evaluasi, mintalah kepada teman-teman sepelayanan kakak. Cata evaluasi tersebut, dan jangan lupa berlatih ya kak!

Baca juga: SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #6 – DILEMA PEMURIDAN DI SEKOLAH MINGGU

Pelayanan memang melelahkan kak.Tapi, tetap harus bisa terus jaga semangat dan berpikir kreatif ya kak. Karena, banyak anak yang membutuhkan semangat dan ide kakak! Jadi, jangan menyerah untuk generasi, terus semangat dan kreatif kak!

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK