ARTICLE

Wed - Jun 20, 2018 / 2985 / Inspirational

Rahasia Yang Bikin Persahabatan Jadi Awet

Kalau punya banyak teman tuh asyik, nggak akan kesepian. Kita bisa bersenang-senang bersama mereka. Tapi gimana kalau sedang dalam masalah, apakah mereka mau menemani kita? Di sinilah perbedaan antara sekedar teman dan sahabat.

Ada kisah dua sahabat yang saling mengasihi. Siapa lagi kalau bukan Daud dan Yonatan. Persahabatan mereka sangat terkenal dan patut dicontoh. Yonatan anak raja, mau bersahabat dengan Daud. Padahal waktu itu Daud hanya cowok kampung yang bekerja sebagai gembala. Perbedaan yang sangat mencolok tidak menghalangi persahabatan mereka.

Nah, kita masing-masing pasti punya sahabat. Tapi gimana caranya agar persahabatan kita bisa awet? Yuk belajar dari persahabatan Daud dan Yonatan.

KASIH

Sumber: Gisele Haralson

1 Sam 18:1b dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri

Dalam persahabatan, kita perlu membangun kasih. Kita bisa mengenal tanpa mengasihi, tapi dengan mengasihi, kita bisa mengenal sahabat lebih dalam.

MELINDUNGI

1 Sam 19:2 …Yonatan memberitahukan kepada Daud: 'Ayahku Saul berikhtiar untuk membunuh engkau; oleh sebab itu, hati-hatilah besok pagi, duduklah di suatu tempat perlindungan dan bersembunyilah di sana.

Sebagai sahabat, kita harus melindungi sahabat kita yang sedang dalam masalah. Tidak perlu melakukan hal yang ekstrim. Cukup duduk di sisinya, dengarkan keluh-kesahnya, doakan dia sebagai bentuk perlindungan kita untuknya.

Baca juga: WASPADA ANAK TUMBUH MENJADI SEORANG YANG KEJAM KARENA SAAT KECIL BERPERILAKU SEPERTI INI

INI LHO SUPERPARENTS, PENTINGNYA TEMAN DAN SAHABAT YANG BAIK UNTUK ANAK ANDA

YUK AJAK ANAK PLAYDATES SAMBIL MENGENAL FIRMAN TUHAN

TIDAK MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI

1 Sam 20:31 ..selama anak Isai itu hidup di muka bumi, engkau dan kerajaanmu tidak akan kokoh.

Kehadiran Daud sebagai prajurit gagah berani bisa merebut tahta kerajaan dari Yonatan. Namun Yonatan mengabaikannya. Dia mengutamakan persahabatannya dibanding kepentingan pribadi.

SETIA

Sumber: Semi-Delicate Balance

1 Sam 23: 17 'Janganlah takut, sebab tangan ayahku Saul tidak akan menangkap engkau; engkau akan menjadi raja atas Israel, dan aku akan menjadi orang kedua di bawahmu…

Yonatan menunjukkan kesetiaannya dengan tetap berada di pihak Daud meski ia tahu tahta kerajaan pasti jatuh ke tangan Daud. Belajarlah untuk setia agar persahabatan tetap awet.

KOMITMEN

2 Samuel 9 'Janganlah takut, sebab aku pasti akan menunjukkan kasihku kepadamu oleh karena Yonatan, ayahmu; aku akan mengembalikan kepadamu segala ladang Saul, nenekmu, dan engkau akan tetap makan sehidangan dengan aku.”

Sama seperti Daud yang tetap berkomitmen menjaga persahabatannya dengan melindungi anak Yonatan, kita perlu komitmen yang tinggi agar persahabatan kita benar-benar terasa penuh makna. (CG)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

 

 

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK