ARTICLE

Mon - Feb 14, 2022 / 35656 / Sunday School

Permainan Seru untuk Sekolah Minggu Bertemakan Valentine

Kakak sekolah minggu, sudah mulai mencicil bahan yang akan diajarkan kepada anak minggu besok belum? Sepertinya masih banyak nih yang belum. Sehubungan dengan minggu yang penuh cinta ini, Superbook jadi terinspirasi untuk membantu Super Teacher  menyiapkan bahan mengajar dengan tema valentine atau kasih sayang.

Tidak mudah lho untuk menumbuhkan rasa kasih sayang dalam diri anak. Dunia yang kini semakin tidak ramah anak dengan beragam asli intoleransi, ajaran salah yang dipaksakan, semakin banyaknya keluarga yang broken home, dan hal lainnya membuat anak jadi perlahan lupa akan makna cinta kasih yang sebenarnya.

Untuk itulah, SuperTeacher sebagai salah satu panutan anak-anak di gereja punya peran penting dalam mengubah pandangan anak agar bisa mencintai dan mengasihi orang disekitarnya. Berikut permainan yang bisa kakak mainkan di sekolah minggu, sebagai sarana membantu anak untuk belajar tentang kasih.

 

1. Menara Kasih

Sumber: Speyeder

Siapkan cukup banyak cokelat pipih yang mudah disusun menjadi menara. Semakin banyak anak sekolah minggu kakak, semakin banyak pula cokelat yang kakak sediakan. 1 anak bisa mendapat minimal 3 cokelat.

Bagi anak menjadi 2 kelompok. Mereka akan berlomba menyusun menara menggunakan cokelat yang mereka miliki. Eits tidak boleh berebutan membuatnya. Mereka secara bergantian menaruh cokelat kemudian menjaganya agar menara tidak mudah jatuh. Kelompok yang menaranya paling tinggi akan menjadi pemenangnya.

Nah kalau sudah ada pemenangnya, mereka boleh saling memberikan cokelat ke teman-temannya. Jaga mereka ya kak, supaya saat saling memberikan cokelat, tidak ada yang berebutan.

 

2. Kartu Kasih Sayang

Sumber: Notonthehighstreet

Cara bermain yang ini tidak rumit. Kakak bagi anak menjadi 2 kelompok seimbang. Bagikan kartu kepada setiap anak. Di masing-masing kelompok, mereka akan menuliskan kalimat yang mengungkapkan kasih sayang di dalam kartu. Kalau sudah, masukkan ke dalam kantong di masing-masing kelompok.

Selanjutnya, salah seorang anggota kelompok akan maju dan mengambil kartu dari kantong kelompok lawan. Ia akan memeragakan kalimat yang tadi sudah ditulis dan anak kelompoknya akan menebak kalimat apa yang dimaksud. Kelompok yang paling banyak menjawab, dialah yang menang.

 

3. Menemukan Pasangannya

Sumber: Pinson Baptist Church

Permainan ini mudah, mengedukasi, dan menghibur anak di saat bersamaan. Kalau zaman mimin, cara ini digunakan untuk belajar menghafal isi Alkitab. Tulislah di papan tulis beberapa tokoh Alkitab yang sudah bersuami atau isteri. Mintalah anak anak untuk bertanding menemukan pasangan tokoh Alkitab tersebut. Berikan reward kepada anak yang mampu menjawab paling banyak.

 

4. Aku Mengasihimu

Sumber: Pinterest

Bagikan kertas yang diberikan selotip atau post it kepada masing-masing anak di sekolah minggu kakak. Mintalah mereka menempelkan post it tersebut di punggungnya. Untuk melakukan hal ini, kakak bisa berkreativitas dengan meminta anak untuk saling menempelkan di punggung temannya.

Kalau sudah semua, kakak bisa membagikan pulpen atau pensil untuk masing-masing anak. Mintalah semua anak mencari punggung temannya untuk menuliskan kebaikan apa yang mereka rasakan dari teman yang punggungnya ditulis tersebut. Lewat permainan ini, anak bisa makin termotivasi untuk berbuat baik pada teman-temannya.

Bagaimana kak? Sudah siap untuk merayakan valentine bersama anak sambil bermain seru? Selamat mencoba ya. Tuhan Yesus memberkati.

Baca juga:

HAL FATAL YANG BISA TERJADI PADAMU KALAU TERLALU LAMA BERMAIN GAME ALIAS KECANDUAN

KUATKAN PELAYANAN ANAK DI GEREJA DENGAN 10 CARA INI! NOMOR 3 LEBAY TAPI PENTING

SEBENTAR LAGI VALENTINE! SUPERPARENTS BISA AJAK ANAK MENONTON 7 FILM INI

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK