ARTICLE

Tue - May 21, 2024 / 1045 / Parenting

Pentingnya Mengajarkan Kerelaan Hati kepada Anak

Dalam konteks Alkitab, kerelaan hati mengacu pada sikap sukarela dan tulus dalam memberikan, mengasihi dan melayani sesama, sesuai dengan ajaran dan contoh yang diberikan oleh Tuhan.

Namun di era modern ini, egoisme seringkali merajalela, sehingga mengajarkan anak tentang kerelaan hati menjadi sebuah keharusan. Hal ini tidak hanya akan membentuk karakter anak menjadi lebih baik, tetapi juga membantu mereka untuk lebih memahami makna kehidupan dan hubungan antarmanusia.

Kerelaan hati bukanlah sesuatu yang bisa dipaksakan, melainkan perlu diajarkan melalui contoh nyata dan pengalaman sehari-hari. Anak-anak akan lebih mudah memahami konsep ini ketika mereka melihat orang tua dan lingkungan sekitarnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Mengajarkan Kerelaan Hati kepada Anak

1. Menjadi Contoh yang Baik

SuperParents adalah role model utama bagi anak-anak. Oleh karena itu, melalui tindakan-tindakan SuperParents sehari-hari, anak-anak akan belajar bagaimana cara bersikap rela hati.

2. Mengajarkan Empati

Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan kerelaan hati kepada anak adalah dengan mengajarkan mereka tentang empati. Melalui pengertian terhadap perasaan dan pengalaman orang lain, anak-anak akan belajar untuk lebih peduli dan membantu mereka yang membutuhkan.

3. Membaca Kisah Tokoh Inspiratif

Membacakan kisah-kisah tentang tokoh-tokoh dalam Alkitab yang memiliki kerelaan hati tinggi dapat menjadi cara yang efektif untuk mengajarkan nilai ini. Misalnya Yesus sendiri, sang teladan utama, bagaimana ia rela disiksa untuk menebus dosa manusia

Super Ayat kita tentang kerelaan hati diambil dari Filipi 2:4, yang menyatakan:

'dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.'

Mengajarkan anak tentang kerelaan hati bukanlah tugas yang mudah, tetapi sangatlah penting dalam membentuk karakter anak menjadi lebih baik. Melalui contoh yang baik, pengajaran tentang empati, dan pembelajaran dari tokoh dan juga ayat Alkitab, SuperParents dapat membantu anak-anak untuk tumbuh menjadi individu yang penuh kasih dan peduli terhadap sesama.

BACA JUGA: MENGHAYATI KEMURAHAN HATI: RENUNGAN BERSAMA KELUARGA

Jadi, mari SuperParents kita bersama-sama memberikan pengajaran yang tepat kepada anak-anak kita tentang pentingnya memiliki kerelaan hati, sehingga mereka dapat menjadi pribadi yang berdampak positif dalam masyarakat dan memuliakan Tuhan.

Yuk bergabung mengikuti event Family Run 2024 yang akan diadakah CBN pada, Sabtu 22 Juni 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Area Plaza Utara. Selain olahraga, dan main games seru di setiap boothnya, kita juga bisa ciptakan momen berharga bareng keluarga. Seru kan? Makanya buruan daftar yaa!

Daftar di sini

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK