ARTICLE

Fri - Nov 27, 2020 / 401 / Parenting

Penting, Ajarkan Anak 5 Hal Ini Agar Kehidupan Spiritual Mereka Bertumbuh!

Anak sudah dibaptis? Ini adalah kabar gembira untuk orang tua dan keluarganya. Lalu apa yang akan Superparents lakukan kemudian? Meminta anak rajin sekolah minggu, baca Alkitab, dan berdoa? Ternyata nggak cukup hanya itu saja lho. Kebiasaan yang tadi disebutkan bisa anak lakukan dengan sukacita tanpa tuntutan apapun, kalau anak sendiri punya hubungan yang baik dengan Tuhan dan bisa bertumbuh dalam-Nya.

Agar anak bisa memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, Superparents bisa mengajarkan gerakan-gerakan kreatif ini agar anak ingat apa yang harus mereka lakukan.

Kenapa harus pakai gerakan?

Eits sebentar, tapi kenapa harus pakai gerakan ya? Menurut penelitian, kita dapat dengan mudah mengingat dan menghafal sampai 90% kalau bisa melihat, mendengar, dan sekaligus melakukannya. Jadi yuk ikuti gayanya.

 Baca juga : 7 CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK UNTUK HIDUP RUKUN BERSAMA KAKAK ATAU ADIKNYA

1. Doa

Melipat tangan atau satukan tangan seperti gaya berdoa.

Gerakan ini membantu anak untuk selalu ingat berdoa. Jelaskan apa itu doa dan bagaimana Tuhan menjawab doa. Doa adalah cara anak berkomunikasi dengan Tuhan. Ia bisa melakukannya dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun. Anak bisa mengucap syukur, memuji Tuhan, melakukan permohonan, meminta pengampunan, mengakui dosa mereka, dll.

 

2. Baca Alkitab

Buka kedua tangan dengan ibu jari saling bersetuhan. Seperti membuka buku.

Ajarkan kepada anak bahwa Tuhan bisa berbicara kepada anak lewat firman-Nya di Alkitab. Dorong anak untuk menyisihkan waktu membaca firman Tuhan setiap harinya. Bisa pagi setelah bangun tidur atau malam sebelum tidur. Superparents juga bisa lho bantu menetapkan jumlah ayat atau pasal yang harus anak baca (anak 8 tahun biasanya sudah bisa membaca delapan ayat dalam sehari).

 

3. Memberi

Dorong tangan terbuka tadi kearah depan sambil menjauhkan telapak tangannya.

Cara untuk anak bisa bertumbuh dan menaati Tuhan adalah dengan memberi. Bisa dengan perpuluhan, persembahan, dan memberi kepada orang lain. Salah satu hal yang mudah dilakukan oleh anak adalah membantu orang tua tanpa diminta, mengerjakan pekerjaan rumah, ikut melayani di gereja, dan banyak hal lainnya. Anak juga bisa memberikan waktu terbaiknya untuk Tuhan dengan meluangkan waktu untuk ‘berbicara’ pada-Nya.

 Baca juga : TRIK AGAR ANAK BISA MEMILIH PERGAULAN YANG BAIK UNTUK MASA DEPANNYA

4. Rajin beribadah

Lipat tangan, tapi jari telunjuknya di keluarkan lalu disatukan seperti menunjuk ke atas.

Ibrani 10 : 25 mengingatkan kita agar tetap beribadah bersama dan saling memotivasi satu dengan lainnya. Gereja dan sekolah minggu adalah tempat yang tepat dimana hal ini bisa terjadi. Tapi karena masih pandemi Covid-19, ibadah bisa kok dilakukan dirumah bersama keluarga. Kan gereja adalah orangnya, bukan bangunannya ya. Jadi ibadah keluarga saat ini adi nomor 1.

 

5. Katakan kepada orang lain tentang Tuhan Yesus.

Buka mulut dan tempelkan tangan seperti orang sedang berseru.

Yang terakhir, ajak anak untuk menyebarkan Injil. Nggak harus frontal mengajak anak lain langsung mengikut Tuhan Yesus. Bisa kok mulai dari menjadi garam dan terang di lingkungan sekitar anak. Misalnya dengan mengamalkan kasih Tuhan kepada teman-temannya, berbuat baik, peduli kepada sesama, dan lainnya. Dengan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Kristus, anak juga sudah memberitakan Injil lewat perilakunya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK