ARTICLE

Tue - Dec 12, 2023 / 101 / Parenting

PENTINGNYA TANAMKAN KARAKTER SUKA MEMBERI PADA ANAK SEJAK DINI

Hari Natal merupakan waktu yang penuh kasih dan kebahagiaan. SuperParents, momen ini tidak hanya sekadar merayakan kebersamaan, tetapi juga waktu yang tepat untuk memberikan pengajaran tentang nilai-nilai mulia kepada anak-anak, lho! Salah satunya adalah pelajaran tentang hal memberi. Jadi mari manfaatkan waktu sebaik mungkin, buatlah momen Natal menjadi pengalaman belajar yang berkesan bagi buah hati SuperParents.

Mengapa Penting Mengajarkan Anak tentang Memberi?

Memberi adalah sebuah nilai luhur yang perlu ditanamkan sejak dini pada anak-anak. Ini bukan hanya sekadar tindakan menyumbangkan benda fisik, tetapi juga menumbuhkan empati, rasa peduli, dan kesadaran sosial pada diri anak-anak. Dengan mengajarkan anak tentang memberi, SuperParents sedang membentuk karakter mereka untuk menjadi pribadi yang peduli terhadap sesama.

Ide Kreatif untuk Mengajarkan Anak tentang Memberi di Hari Natal

1. Ajak Anak Terlibat dalam Kegiatan Amal

Pilihlah kegiatan amal yang dapat dilakukan bersama keluarga. Misalnya, memberi pada orang-orang yang membutuhkan di jalan jalan, mengunjungi panti asuhan atau menyumbangkan barang-barang tidak terpakai kepada yang membutuhkan. Libatkan anak-anak dalam proses ini agar mereka merasakan kebahagiaan memberi kepada orang lain.

2. Membuat Kartu Natal dengan Makna

Ajak anak-anak untuk membuat kartu Natal yang personal dengan menyertakan pesan yang bernilai. Minta mereka menuliskan ucapan dan harapan baik untuk orang-orang terdekat atau bahkan untuk mereka yang kurang beruntung. Ini adalah cara menyenangkan untuk mengajarkan anak tentang memberi dengan kata-kata.

3. Menyusun Daftar Keinginan Bersama

Buatlah daftar keinginan bersama keluarga. Diskusikan bukan hanya tentang apa yang mereka inginkan, tetapi juga tentang bagaimana mereka dapat membantu orang lain mewujudkan keinginan mereka. Hal ini membantu membuka wawasan anak-anak mengenai kebutuhan orang lain di sekitar mereka.

4. Membaca Tokoh Alkitab Yang Punya Teladan Memberi

Begitu banyak teladan dari tokoh Alkitab yang bisa kita bagikan kepada anak-anak untuk mengajarkan tentang hal memberi. Salah satunya adalah Yesus Kristus yang menjadi sosok sentral dalam Alkitab, kasih-Nya yang tak terbatas merupakan contoh utama bagi setiap anak. Yesus selalu siap memberikan belas kasih-Nya kepada siapa pun yang membutuhkan. Anak-anak dapat belajar dari-Nya untuk selalu membuka hati mereka kepada orang lain dan memberikan kasih sayang tanpa syarat.

Ulangan 15:10 TB
Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena hal itulah TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu dan dalam segala usahamu.

BACA JUGA: AJARKAN ANAK BERBAGI DARI 6 TOKOH ALKITAB INI!

Membentuk Karakter Mulia

Dengan mengajarkan anak tentang memberi di Hari Natal, SuperParents tidak hanya memberikan hadiah fisik, tetapi juga membentuk karakter mulia pada diri mereka. Memberi adalah investasi pada masa depan, di mana anak-anak akan tumbuh menjadi individu yang peduli dan bertanggung jawab.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK