ARTICLE

Wed - Oct 25, 2023 / 316 / Parenting

PARA AYAH: INILAH 5 KUNCI RAHASIA UNTUK MEMBAHAGIAKAN ANAK ANDA

Kata-kata memiliki kekuatan besar. Seorang Ayah memiliki peran penting dalam kehidupan anak-anak. Alkitab menekankan hati-hati dalam ucapan, tetapi juga dalam yang tak terucapkan. Penelitian menyoroti dampak emosional 'luka ayah' pada kehidupan anak. Meskipun seorang ayah dapat berjuang keras untuk menghidupi keluarganya, anak-anak ingin kata-kata kasih sayang.

 

BACA JUGA: TERUNGKAP, INI KELEBIHAN ANAK YANG DEKAT DENGAN AYAHNYA!

 

Ada banyak hal yang ingin anak perempuan dengar dari ayah mereka, namun untuk saat ini, mari kita fokus pada ikatan yang unik dan kuat antara ayah dan anak. Dengan menggunakan Allah, Bapa kita di Surga, sebagai contoh, berikut adalah kata-kata yang setiap anak ingin dengar dari ayah mereka:

1. Ayah minta maaf...

Ayah yang baik mengajari putranya meminta maaf dan mengakui kesalahan. Meminta maaf adalah tanda rendah hati, bukan kelemahan. Ingat, permintaan maaf sejati tidak disertai kata 'tetapi.' Dengarkan putra Anda dan terimalah tanggung jawab.

2. Maukah kamu memaafkan Ayah?

Meminta maaf adalah tindakan penting dalam hubungan ayah-anak. Ini adalah cara menghapus ketidaksetujuan dan memulihkan ikatan. Tetapi pengampunan adalah pilihan anak Anda. Meminta maaf cepat membantu mencegah luka batin yang mendalam.

3. Kamu membuat Ayah bahagia

Ingat saat ayah Anda bahagia karena Anda. Putra Anda perlu tahu bahwa mereka adalah sumber kebahagiaan Anda. Katakan ini pada momen sehari-hari, tanpa mengikatkan kebahagiaan pada perilaku mereka.

4. Ayah bangga padamu

Anak ingin membuat ayah bangga. Tampilkan dukungan di kegiatan mereka. Pastikan kebanggaan Anda terlihat dalam bicara dengan orang lain, memperkuat keyakinan mereka bahwa Anda memang benar-benar bangga pada mereka.

5. Ayah mencintaimu

Kalimat 'Aku cinta kamu' adalah ungkapan kuat. Banyak ayah merasa kesulitan mengatakannya karena pandangan maskulinitas. Pengganti seperti hadiah atau kegiatan tidak sebanding dengan ungkapan cinta tulus ini.

 

BACA JUGA: JANGAN BIARKAN ANAK JADI FATHERLESS! PARA AYAH LAKUKAN 3 PERAN INI ATAS HIDUP ANAK-ANAKMU

 

Bapa Surgawi kita, di seluruh Alkitab, berulang kali mengungkapkan betapa Dia mengasihi kita. Dan meskipun Dia begitu mengasihi dunia sehingga Dia mengutus putra-Nya, Yesus, untuk menjadi kurban pendamaian bagi dosa-dosa kita, Dia tidak pernah menghindar atau ragu untuk memberi tahu kita bahwa Dia mengasihi kita.

1 Yohanes 4:8 mengingatkan kita bahwa Allah ADALAH kasih. Makhluk paling berkuasa di alam semesta mewujudkan cinta—bukan kekuatan, bukan kekuatan, bukan kemauan, tapi CINTA.

Semoga SuperDad bisa menerapkan hal di atas demi kebahagiaan si kecil di rumah ya!

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK