ARTICLE

Fri - Mar 11, 2022 / 3840 / Parenting

Muridkan Anak Sedari Dini Karena Itulah yang Tuhan Inginkan dari Orang Tua

'Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya.' Kejadian 18:19. Inilah yang Alkitab tuliskan tentang keinginan orang tua terhadap anaknya.

Pada Ulangan 6: 4-7 dituliskan tentang bagaimana orang tua seharusnya mengajar anaknya sesuai dengan kehendak Tuhan. Pemuridan dimulai dari bagaimana menyampaikan kebenaran akan Kristus pada anak-anak kita, dimana kemudian ini menjadi salah satu aspek penting dalam mendidik anak. Di bawah ini adalah alasan mengapa kita perlu memperkenalkan Tuhan kepada anak kita sedini mungkin. 

 

1. Karena Tuhan yang memerintahkan kita 

 

Efesus 6:4, 'Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.' Kegiatan gereja memang sangat membantu dalam dan menguntungkan kita sebagai orang tua yang percaya. 

Tetapi, seberapa bagus pun kegiatan yang ada di gereja, tidak akan menggantikan peran kita sebagai orang tua. Sederhananya, anak-anak hanya menghabiskan satu waktu selama beberapa jam setiap hari minggu, sementara kita bisa menghabiskan banyak waktu bersama mereka. 

Mazmur 1:1-3 mengatakan bahwa mereka yang dekat dengan Tuhan akan diberkati. Agar anak-anak dapat mengenali kebenaran, kita perlu membiasakan mereka untuk membaca Alkitab.

Salah satu tugas kita sebagai orang tua adalah memastikan bahwa anak-anak memahami bahwa ada sebuah tujuan dalam setiap kehidupan, yaitu untuk berada di dalam Tuhan dan berjalan sesuai dengan kehendak-Nya.

 

2. Kalau bukan kita, maka dunia yang akan mengambil alih anak kita

 

Setiap harinya anak bertumbuh dan belajar mengenai apa yang harus mereka lihat, pikirkan dan lakukan. Semakin dewasa, akan ada banyak pengaruh yang diterima oleh anak kita. Inilah alasan mengapa penting untuk mengenalkan kasih Tuhan sejak anak-anak masih kecil. Kita harus mengajarkan kepada mereka bagaimana hidup dengan cara Kristen di dunia ini. 

Ketika kita mulai menjadi pengikut Kristus, pada 2 Korintus 5:17 tertulis 'Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.' Sebagai orang tua yang percaya, tentu saja kita menginginkan anak kita untuk tumbuh sesuai dengan perkenanan Tuhan dalam hidupnya.

Kita harus menjaga agar anak kita terbiasa dengan kasih Tuhan Yesus sejak ia kecil, sehingga ia dapat bertumbuh menjadi pribadi yang takut akan Tuhan. 

 

3. Mengajarkan anak sebagai cerminan diri kita

 

Sebagai orang dewasa yang dihadapkan dengan banyak pergumulan, kemudian hal ini yang membuat kita bukannya mencari Tuhan, namun menginginkan segala pergumulan kita segera selesai. Orang tua adalah contoh bagi anak-anaknya. Karenanya kita perlu ketulusan untuk menghadap  Tuhan. 

Kita harus ingat bahwa kita tidak memuji dan menyembah hanya setiap kali kita butuh Tuhan, namun karena kita diciptakan untuk senantiasa memuji dan menyembah nama Tuhan. Ketika kita mengajarkan hal ini kepada anak kita, kita juga menjadi belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik di hadapan Kristus.

Sumber : Jawaban.com

Baca Juga:

INILAH DOA YANG TUHAN MAU DARI KITA

CARA INI BISA DIGUNAKAN UNTUK MEMPERKENALKAN KRISTUS KEPADA ANAK

TERUNGKAP CARA AKUR DENGAN ANAK UNTUK RESOLUSI TAHUN 2018

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK