ARTICLE

Mon - Aug 06, 2018 / 1900 / Parenting

Mengenal Penyakit MR dan Cara Mencegahnya

Super Parents tahu nggak tentang vaksin MR yang baru-baru ini dilaksanakan pemerintah? MR singkatan dari Measles (campak) dan Rubella (campak Jerman). Berdasarkan data pemerintah, campak merupakan penyakit pembunuh anak-anak. Virus rubella juga dapat menyebabkan cacat lahir seumur hidup. Pada wanita yang hamil muda, rubella dapat menyebabkan keguguran hingga kelainan bawaan pada bayi.

Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit ini, namun keduanya dapat dicegah dengan vaksin MR. Oleh sebab itu pemberian vaksin ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak dari penyakit ini.

Sumber: Lampung Post

Usia berapa pemberian vaksin MR

Kasus rubella sering terjadi pada anak di bawah usia 15 tahun. Untuk itu, vaksin MR diberikan pada anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Vaksinasi MR juga disarankan bagi para ibu atau calon ibu yang merencanakan kehamilan untuk mencegah penyakit ini menular ke bayi di dalam kandungan.

Benarkah efek samping vaksin MR menyebabkan kelumpuhan dan autisme

Belum ada bukti medis yang memperkuat desas-desus ini. Munculnya kelumpuhan atau autisme setelah imunisasi hanyalah kebetulan. Jika ini terjadi, penyebab asli kelumpuhan dan autisme bisa dibuktikan oleh para dokter melalui berbagai tes laboratorium. Jadi, vaksinasi bukan penyebab autisme maupun kelumpuhan pada anak.

Baca juga: 20 Cara Mudah Menjaga Serta Memelihara Kesehatan Anak dan Keluarga

Fakta Mengejutkan tentang Hand Sanitizer! Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Terkena Virus.

Bagaimana jika timbul efek yang tidak biasa

Demam ringan, ruam merah, bengkak ringan dan nyeri setelah imunisasi adalah reaksi normal dan akan menghilang dalam 2-3 hari, sama seperti imunisasi lainnya. Pada beberapa anak yang lebih sensitif, mungkin mereka menampakkan reaksi alergi yang lebih berat. Super Parents baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter yang biasa menangani anak Anda sebelum memberi vaksin MR pada anak.

Perbanyak informasi mengenai vaksin MR

Pemerintah tengah menjalankan program imunisasi vaksin MR sepanjang bulan Agustus hingga September. Perbanyaklah informasi-informasi penting mengenai vaksin MR melalui website resmi kesehatan atau kedokteran.

Baca juga: 7 Sikap Toxic Parents yang Seringkali Dilakukan dan Tidak Disadari Orang Tua

Alasan Kenapa Kalau Kita Lapar Jadi Gampang Emosi dan Kaitannya dengan Puasa Kristen

Jangan lupa, vaksin ini bukan hanya untuk anak-anak, namun juga untuk orang dewasa, apalagi para ibu yang merencanakan kehamilan. Info lebih lanjut dan akurat, Super Parents dapat berkonsultasi dengan para dokter di klinik kesehatan atau rumah sakit terdekat. (CG)

Sumber: dari berbagai sumber

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK