ARTICLE

Fri - Aug 30, 2019 / 319 / Sunday School

Mengenal Anak Sekolah Minggu Ku: (Part 3) SI Pecinta Damai yang Pemalu

Dalam melayani sekolah Minggu, kita pasti sering sekali bertemu anak yang hanya diam, dan tidak terlalu banyak bersosialisasi. Tapi, ketika ia sudah mempunyai teman, pasti teman tersebut akan sangat setia. Kalo kakak pernah bertemu yang seperti itu, kakak baru saja bertemu dengan anak dengan kepribadian plegmatis.

Kita sudah membahas tentang korelis dan sanguin. Sekarang, yuk kita cari tahu bersama tentang plegmatis. Kira-kira, seperti apa sih plegmatis?

Baca juga: BINGUNG CARI GAMES BUAT SEKOLAH MINGGU? YUK LIHAT 3 GAMES MENARIK INI!

  1. Cinta Damai

Ketika di sekolah Minggu ada yang bertengkar, dan ada anak yang langsung mengalah, bisa dipastikan ia adalah anak plegmatis. Plegmatis adalah orang yang tidak suka perselisihan dengan orang lain, sehingga mereka lebih suka diam atau mengalah ketika ada kondisi perdebatan. Itu juga yang membuat mereka tidak berani mengutarakan pendapat dan menjadi seorang “pemalu”.

  1. Stabil

Kakak pernah gak ketemu dengan anak yang selalu datang di jam yang sama, dengan pakaian yang sama, bahkan duduk diposisi yang hampir sama bersama teman yang sama? Jika pernah, berarti ia adalah orang plegmatis. Plegmatis sangat menyukai kegiatan rutin dan monoton karena mereka sangat takut dengan perubahan, apalagi perubahan yang mendadak.

Sumber: Unsplash
  1. Hatinya lembut

Meski terkesan seperti orang yang membosankan dan tidak bisa berteman, tapi plegmatis adalah orang yang punya hati lembut. Plegmatis sangat penuh dengan rasa simpati dan empati kepada setiap orang yang ada di sekitarnya. Selain itu, plegmatis adalah pribadi yang sangat sabar, lho.

Lalu, sekarang gimana sih cara yang tepat bagi kakak dalam melayani anak plegmatis.

Cara melayani anak plegmatis

  1. Terus dimotivasi

Karena plegmatis memiliki hati yang sangat lembut, motivasi adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai, karena hatinya yang sangat lembut, ia bisa dengan mudah terluka karena banyak hal, mulai dari perkataan sampai tindakan. Jadi, terus berikan hal-hal yang memotivasi mereka, agar mereka bisa terus semangat.

Sumber: Unsplash
  1. Percayakan mereka secara “paksa”

Ketika kakak sudah melihat bahwa seorang anak adalah plegmatis, dan ia memiliki talenta khusus, maka anda perlu memaksa mereka untuk bergerak. Plegmatis kadang tidak suka menginisiasi sesuatu, karena mereka tidak suka perubahan. Jadi, “jebak” mereka agar mereka bisa mendapat lahan pelayanan di talenta mereka kak.

  1. Ajarkan mengambil keputusan

Salah satu permasalahan terbesar anak plegmatis adalah tidak berani memutuskan sesuatu. Nah, jika ini dibiarkan, maka akan terbawa sampai ia besar, ia akan menjadi orang yang tidak bisa memutuskan apapun. Jadi, kakak bisa berikan kesempatan untuk memutuskan dengan cara berikan kepercayaan melayani atau memimpin diskusi dalam kelompok. Tapi ingat, tetap didapingi ya kak.

Baca juga: MENGENAL ANAK SEKOLAH MINGGU KU: (PART 2) SI PUSAT PERHATIAN SEKOLAH MINGGU

Itu tadi adalah ciri-ciri anak plegmatis dan cara kita untuk melayani mereka. Kira-kira, kepribadian yang lain seperti apa ya? Setiap hari Jumat, kita bahas bersama lagi ya kak. Jadi, sampai jumpa di hari Jumat selanjutnya.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK