ARTICLE

Thu - Feb 29, 2024 / 195 / Daily Devotional

Mengandalkan Tuhan Seperti Nehemia

Hai SuperParents!

Ayo ajak anak-anak kita merenungkan Firman Tuhan bersama-sama. Ada seorang pahlawan dalam Alkitab yang menunjukkan kepada kita cara mengandalkan Tuhan dalam segala situasi. Siapakah dia? Dialah Nehemia. Saat itu, orang-orang Israel sedang dalam masa pemulihan setelah diasingkan ke Babel. Kota Yerusalem, tempat suci mereka, hancur dan temboknya roboh. Nehemia, yang tinggal di Persia, mendengar kabar tentang keadaan Yerusalem yang menyedihkan. Hatinya tergerak untuk membantu bangsanya. Meskipun memiliki kedudukan tinggi di Persia, Nehemia tidak bergantung pada kekuatannya sendiri. Dia sadar bahwa hanya Tuhan yang dapat memberikan pertolongan dan kekuatan.Nehemia secara konsisten melakukan tiga hal: berdoa kepada Tuhan untuk mendapatkan pertolongan dan hikmat, merenungkan firman Tuhan untuk memahami prinsip-prinsip-Nya, serta memimpin umat Israel dalam memuji Tuhan atas bantuan-Nya dalam pembangunan tembok Yerusalem, menyadari bahwa semua keberhasilannya berasal dari Tuhan.
Bagaimana kita bisa mengandalkan Tuhan seperti Nehemia?
1. Berdoa Setiap Hari: Ceritakan kepada Tuhan tentang pengalaman dan perasaanmu setiap hari. Minta pertolongan-Nya dalam urusan sekolah, menghadapi teman yang sulit, atau mengatasi ketakutan.

2. Membaca Alkitab: Bacalah Alkitab setiap hari untuk mengenal Tuhan dan memahami kehendak-Nya. Minta bantuan orang tua atau kakak untuk menjelaskan ayat-ayat yang sulit dimengerti.

3. Bersyukur dan Memuji Tuhan: Sediakan waktu untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala kebaikan yang kamu alami. Nyanyikan lagu pujian atau ciptakan lagu sendiri untuk memuji Tuhan.

Mazmur 28:7 TB

'TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.'

 

Ingatlah, Tuhan selalu ada untuk kita. Dia menginginkan kita mengandalkan-Nya dalam segala situasi. Ketika kita mengandalkan Tuhan, Dia akan memberikan kekuatan, hikmat, dan pertolongan yang kita perlukan.

Download PDF

Jery Patampang

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK