ARTICLE

Fri - Oct 23, 2020 / 1501 / Inspirational

Manfaat Penting yang Bisa Kita Dapatkan Saat Belajar Musik

Musik itu adalah anugerah yang Allah berikan kepada manusia. Bahkan dalam Alkitab pun, ada kitab yang isinya puji-pujian kepada Tuhan, yaitu kitab Mazmur. Bisa dibilang kalau musik itu penting lho ada di dunia ini dan tentunya punya manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kita. Musik merupakan bahasa universal yang bisa diterima di seluruh dunia. Walaupun kita nggak ngerti lirik dalam lagunya, hampir setiap orang tetap bisa menikmatinya.

Ternyata belajar musik punya segudang manfaat lho buat kita orang dewasa maupun anak-anak. Beberapa diantaranya:

  1. Bisa mengenal berbagai budaya dan gaya di seluruh dunia

Di negara kita saja, ada banyak alat musik yang bisa kita gunakan. Selain itu nuansa musik setiap daerah pun berbeda-beda. Apalagi di seluruh dunia yang kebudayaannya semakin beragam.

Baca juga : BLANK SAAT MELAYANI, YUK KENALI DAN ATASI KELELAHAN SAAT MELAKUKAN PELAYANAN!

  1. Melatih konsentrasi dan ketekunan

Belajar musik menuntut konsentrasi dan ketekunan untuk bisa benar-benar menguasainya.

  1. Melatih kepekaan dan sensitif

Hal ini terjadi ketika kamu bermain musik bersama-sama dengan teman atau orang lain. Seakan diantara kalian ada ikatan batin yang terjalin agar musik yang dilantunkan sesuai dan baik di dengar.

  1. Mengajari tanggung jawab dan mendengarkan

Sebelum kita menghasilkan musik yang baik, tentunya kita harus bisa mendengarkan kualitas permainan musik kita sendiri bukan. Oleh karena itu, bermain musik harus berani juga menerima kritik dan saran dari orang sekitar agar penampilan kita semakin berkembang. Dalam bermusik untuk pelayanan, kita juga harus mampu bertanggung jawab. Talenta ini Tuhan sudah berikan untuk kemuliaan nama-Nya. Jadi persembahkan permainan musik terbaikmu untuk Tuhan.

  1. Menumbuhkan kreativitas dan daya ingat

Kalau kamu sudah menguasai teknik dasar dalam bermusik, pastinya gatal ya menciptakan aransemen baru atau membawakan musik untuk mewakili perasaanmu. Inilah yang membuat kita semakin kreatif. Selain itu, kamu juga bisa melaih daya ingat lho. Karena biasanya kita menghafal banyak not dan lagu-lagu yang akan dibawakan.

Baca juga : 10 AYAT ALKITAB YANG BISA MEMOTIVASI DAN MENGINSPIRASI PARA JOMBLO

  1. Mengajarkan kerja keras

Menjadi musisi handal tidak bisa terjadi dengan instan, tanpa kerja keras. Tentunya semua butuh disiplin dan sikap pantang menyerah.

  1. Membangun rasa percaya diri

Setelah mampu bermain musik, tak lengkap rasanya kalau tidak jadi berkat untuk orang lain lewat talenta yang Tuhan berikan bukan? Nah inilah saatnya, kamu mampu mengatasi rasa takutmu untuk menampilkan kemampuanmu. Mintalah Roh Kudus memampukanmu untuk memainkan alat musik di depan orang banyak ya, termasuk untuk pelayanan.

Sebenarnya masih banyak banget manfaat kita belajar musik. Menurut kamu sendiri apa saja? Boleh share di kolom komentar ya. Apabila kamu ingin mengembangkan kemampuan bermusikmu untuk sekolah minggu dan masa depanmu, kamu bisa ikuti Webinar #Beranibergerak Kembangkan Potensimu dengan klik DAFTAR di bawah ini.

DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK