ARTICLE

Wed - Feb 14, 2024 / 173 / Inspirational

Makna Berpantang dan Berpuasa di Masa Prapaskah

Berpuasa dan berpantang merupakan praktik spiritual yang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan orang Kristen sejak zaman gereja mula-mula. Tujuan utamanya adalah untuk menyalibkan keinginan daging, yang artinya mengendalikan keinginan jasmani untuk memperdalam hubungan dengan Allah.

Menyalibkan daging adalah esensi dari praktik ini. Hal ini menekankan pentingnya mengendalikan keinginan jasmani dan menahan diri dari godaan duniawi. Dengan demikian, orang percaya diundang untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah, yang membawa pertumbuhan spiritual dan kesetiaan kepada-Nya.

Selain itu, berpuasa dan berpantang membantu dalam mencapai kemurnian hati dan konsentrasi dalam doa. Dengan memindahkan fokus dari kebutuhan fisik kepada kebutuhan spiritual, pikiran menjadi lebih jernih dan lebih mudah untuk berkonsentrasi dalam aktivitas rohani seperti berdoa.

Praktik ini juga merupakan ungkapan ketaatan kepada Allah dan pengendalian diri terhadap hawa nafsu. Melalui berpuasa, kita belajar untuk mendisiplinkan diri dan menolak mengikuti keinginan duniawi.

Lebih dari sekadar tradisi keagamaan, berpuasa dan berpantang juga merupakan cara bagi orang Kristen untuk menghayati penderitaan dan pengorbanan Yesus Kristus. Dengan menyatukan diri dalam pengorbanan-Nya, orang percaya memperdalam pengertian akan makna keselamatan yang diberikan oleh Kristus.

Di masa Prapaskah, beberapa bentuk berpantang yang bisa dilakukan antara lain adalah menahan diri dari makanan dan minuman, mengendalikan diri untuk menjaga kesederhanaan, melakukan momen pertobatan yang mendalam, menahan diri dari kenikmatan dunia, dan mengambil waktu untuk membaca Firman dan berdoa.

Melalui praktik berpuasa dan berpantang ini, orang Kristen dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah, memperdalam iman, dan mengalami pertumbuhan spiritual yang lebih besar. Ini bukan sekadar tradisi, melainkan ekspresi nyata dari kesetiaan dan cinta kepada Tuhan serta dorongan untuk hidup dalam kekudusan dan ketaatan. Selamat menjalani masa Prapaskah 2024, semoga kita semakin mengenal Tuhan melalui penderitaan, kematian, dan kebangkitan-Nya. Tuhan memberkati.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

Tags :

Prapaskah

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK