ARTICLE

Thu - Nov 02, 2023 / 234 / Inspirational

MENGAPA ORANG KRISTEN TIDAK BOLEH BERSUMPAH ?

Mengatakan sumpah ketika berbicara biasanya akan membuat orang lebih mempercayai apa yang kita ucapkan, tapi pernahkah kalian dengar orang kristen tidak boleh bersumpah? Kira-kira apa alasannya? Ternyata Tuhan Yesus sendiri yang berfirman beberapa kali untuk kita tidak boleh sembarangan bersumpah, seperti pada Matius 5 :33-36 dan Yakobus 5:12.

 

Baca juga : HINDARI 4 PERKATAAN YANG SALAH INI SAAT BERBICARA KEPADA ANAK!

Sifat dari sumpah sendiri dianggap suci yang ditunjukkan kepada Tuhan karena jika seseorang berani berkata sumpah maka harus digenapi. Namun seringkali ucapan yang disertai kata “sumpah” merupakan suatu kebohongan atau bentuk dusta karena tidak memiliki niat untuk menggenapi sumpah yang diucapkannya. Orang yang suka berbohong akan sering memakai kata “sumpah” secara sembarangan agar ucapannya dapat lebih didengar orang lain, sehingga kata “sumpah” ini menjadi disalahgunakan.

Yesus berfirman untuk kita berucap atau menjawab dengan tegas “Ya” atau “tidak”, karena apa yang lebih dari itu berasal dari si jahat (Matius 5:370. Janganlah kita terbiasa berkata bohong sehingga apa yang kita ucapkan tidak didengar orang, tapi kita sebagai orang kristen harus dapat dipercaya apa yang kita ucapkan atau lakukan, maka kata “sumpah” pun tidak diperlukan lagi supaya ucapan kita bisa didengar.

Jika kalian ditempatkan dalam situasi harus mengatakan sumpah, maka pikirkanlah dengan baik apakah bisa mempertanggungjawabkan sumpah tersebut dan juga harus bisa mengerti apa yang maksud dari sumpah tersebut termasuk penting atau tidak.

Yohana

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK