ARTICLE

Wed - Dec 13, 2023 / 338 / Sunday School

MENGAJAR ANAK SEKOLAH MINGGU TENTANG SIAPAKAH YESUS SANG JURU SELAMAT

Sebagai guru Sekolah Minggu, diperlukan pendekatan khusus untuk mengajarkan anak-anak tentang siapakah Yesus Sang Juru Selamat. Bagaimana memberikan penjelasan yang dapat dipahami oleh anak sekolah minggu perlu diperhatikan dengan baik. Untuk itu dalam artikel ini, Superbook akan memberikan langkah yang dapat diterapkan oleh SuperTeachers, untuk memberi penjelasan mendalam mengenai hal ini pada anak sekolah minggu.

Gunakan Materi Pelajaran yang Interaktif

SuperTeachers dapat menggunakan materi pelajaran interaktif, seperti gambar-gambar Yesus yang menarik perhatian anak-anak. Misalnya, gambar Yesus yang tersenyum saat memberkati anak-anak dapat menciptakan koneksi emosional. Penjelasan di balik ini adalah bahwa Yesus adalah sosok yang penuh kasih dan dekat dengan hati anak-anak.

Hadirkan Kisah Yesus dalam Bentuk Teater Boneka

Menggambarkan kisah-kisah Yesus melalui pertunjukan boneka dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dicerna. Anak-anak cenderung lebih terlibat ketika menyaksikan karakter-karakter boneka menghidupkan kisah-kisah kebaikan Yesus. Penjelasan di balik metode ini adalah menciptakan suasana yang menyenangkan untuk belajar, sehingga konsep tentang Yesus dapat meresap dengan lebih baik.

Ajak Anak-Anak Berpartisipasi dalam Diskusi Ringan

Memberikan ruang bagi anak-anak untuk berbicara tentang pemahaman mereka mengenai Yesus adalah kunci penting. SuperTeachers dapat menanyakan pertanyaan sederhana seperti, 'Apa yang membuat Yesus menjadi teman terbaik kita?' atau 'Bagaimana kita bisa menjadi seperti Yesus dalam kehidupan sehari-hari?'. Penjelasan di balik ini adalah bahwa diskusi mengaktifkan pikiran anak-anak, memperkuat pemahaman mereka, dan merangsang rasa ingin tahu mereka.

Gunakan Lagu-Lagu Rohani yang Mudah Dinyanyikan

Melibatkan anak-anak dalam nyanyian rohani sederhana tentang Yesus dapat membantu memperkuat konsep-konsep yang diajarkan. Guru Sekolah Minggu dapat memilih lagu-lagu yang mengandung kata-kata sederhana tentang kasih Yesus dan kebesaran-Nya. Penjelasan di balik ini adalah bahwa musik memiliki kekuatan untuk meresap ke dalam jiwa anak-anak, membantu mereka meresapi makna yang lebih dalam tentang Yesus.

Ciptakan Aktivitas Kreatif Berkaitan dengan Yesus

Anak-anak seringkali belajar lebih baik melalui aktivitas kreatif. Guru Sekolah Minggu dapat menyelenggarakan sesi melukis, membuat kerajinan tangan, atau mewarnai gambar yang berhubungan dengan kisah-kisah Yesus. Penjelasan di balik ini adalah bahwa aktivitas kreatif membantu menciptakan asosiasi positif dengan pelajaran agama, membuatnya lebih mudah diingat dan dipahami oleh anak-anak.

Melalui contoh-contoh di atas, SuperTeachers dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang siapakah Yesus Sang Juru Selamat kepada anak-anak. Dengan menggabungkan pendekatan yang interaktif, menyenangkan, dan kreatif, proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkesan. Semoga langkah-langkah ini memberikan inspirasi bagi SuperTeachers dalam membimbing generasi penerus agar memiliki pondasi spiritual yang kokoh.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK