ARTICLE

Wed - Dec 20, 2023 / 149 / Parenting

MENANAMKAN JIWA KEPEMIMPINAN PADA ANAK DARI TELADAN KRISTUS

Halo, SuperParents yang luar biasa! Menanamkan jiwa kepemimpinan pada anak merupakan hal yang wajib diberikan oleh orang tua lho. Nah sekarang, mari kita bahas tentang bagaimana kita bisa menanamkan jiwa kepemimpinan pada anak-anak kita, mengambil inspirasi dari teladan terbesar, yaitu Kristus sendiri.

1. Memberi Contoh sebagai Pemimpin yang Penuh Kasih

Sebagai orang tua, kita adalah contoh pertama bagi anak-anak kita. Kristus memberi contoh kepemimpinan yang penuh kasih dan perhatian kepada yang lain. Kita bisa menanamkan jiwa kepemimpinan pada anak-anak dengan memberikan contoh kasih, kerendahan hati, dan kepedulian kepada sesama.

2. Mengajarkan Nilai-nilai Kepemimpinan dari Alkitab

Alkitab penuh dengan cerita-cerita inspiratif tentang pemimpin yang dipilih dan diurapi oleh Tuhan. Ajak anak-anak kita untuk belajar dari kisah-kisah seperti Raja Daud, yang meskipun memiliki kelemahan, tetapi memiliki hati yang mencari kehendak Tuhan. Dari sini, anak-anak dapat mengambil nilai-nilai kepemimpinan yang baik.

3. Mendorong Tanggung Jawab dan Inisiatif

Jiwa kepemimpinan tumbuh melalui tanggung jawab dan inisiatif. Ajak anak-anak untuk bertanggung jawab dalam tugas-tugas kecil dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengambil inisiatif. Karena dengan memberikan kepercayaan ini, kita membantu mereka membangun rasa tanggung jawab dan keberanian untuk memimpin.

4. Bersama-sama Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan

SuperParents dapat mendukung perkembangan jiwa kepemimpinan anak-anak dengan bersama-sama mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Misalnya, melalui permainan kelompok, proyek-proyek kecil, atau kegiatan sosial yang melibatkan tanggung jawab pemimpin.

5. Doa Sebagai Landasan Kepemimpinan

Jangan lupa untuk melibatkan doa sebagai landasan utama dalam membentuk jiwa kepemimpinan anak-anak. Ajarkan mereka untuk selalu meminta petunjuk dan kekuatan dari Tuhan dalam setiap langkah kepemimpinan yang diambil.

Dengan cara-cara sederhana ini, kita dapat membantu anak-anak memahami bahwa kepemimpinan bukan hanya soal memiliki kekuatan, tetapi lebih kepada pelayanan dan tanggung jawab. Mari bersama-sama menjadi pembimbing yang mendukung, memberikan dorongan, dan memotivasi mereka menjadi generasi pemimpin yang berbudi luhur, mengikuti jejak Kristus yang menjadi teladan terbaik bagi kita semua.

Audreyline S.Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK