ARTICLE

Mon - Oct 09, 2023 / 214 / Parenting

Khusus Untuk Para Superparents, Lakukan 7 Langkah Ini Untuk Membangun Kerohanian Anak

Anak-anak merupakan tanggung jawab kita sebagai orang tua, dan kita punya andil untuk memastikan mereka mengenal Tuhan.

Anak-anak kita harus mengenal Tuhan untuk mengetahui kehidupan yang abadi. Apakah saya siap untuk hal ini? Apa yang telah saya kerjakan supaya anak saya mengenal Tuhan?

Itu merupakan pertanyaan yang penting untuk para orang tua. Anak-anak kita memiliki jiwa yang membutuhkan keselamatan, dan kita memiliki peranan yang penting dalam memastikan mereka mengenal dan mencintai Tuhan. Banyak orang tua yang menangkap hal ini dengan jelas. Tapi banyak orang tua lain yang sepertinya tidak.

 

Baca Juga: 6 PERMAINAN MENYENANGKAN UNTUK MEMBANGUN IMAN ANAK BERSAMA DENGAN KELUARGA

 

Lalu bagaimana seharusnya orang tua mengajarkan anak untuk bertumbuh dalam iman sejak dari kecil?

1. Kenalkan siapa Tuhan Yesus lebih dulu dengan acar sederhana.

Dalam 2 Timotius 3:15, Alkitab mengatakan, 'Dan bahwa dari kecil engkau telah mengenal kitab-kitab kudus, yang dapat memberikan hikmat yang memimpin kepada keselamatan oleh iman dalam Kristus Yesus.' Orang tua memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan anak-anak mereka pada kitab-kitab kudus dan ajaran-ajaran iman Kristen sejak dini.

2. Terapkan kebenaran firman Tuhan sehari-hari.

Deuteronomi 6:6-7 mengatakan, 'Dan segala perkataan ini yang kusuruh kepadamu pada hari ini haruslah tetap dalam hatimu; dan haruslah kauseret dengan tekun kepada anak-anakmu, dan haruslah kaututurkan, apabila kauberbaring di rumahmu dan apabila kauberjalan di jalan, apabila kauberbaring dan apabila kaubangun.' Ayat ini menegaskan pentingnya mengajarkan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari kepada anak-anak.

 

Baca Juga: SEBAIKNYA JANGAN LAKUKAN 3 HAL INI DI DEPAN ANAK, KARENA AKAN BERAKIBAT BERIKUT

 

3. Membangun hubungan dengan Tuhan secara disiplin.

Sebagai orang tua, memiliki komitmen pribadi pada Tuhan sangat penting. 2 Timotius 1:5 mengatakan, 'Karena aku ingat akan imanmu yang tulus ikhlas, yang pertama-tama diam di dalam hati nenekmu Lois dan dalam hati ibumu Eunike, dan aku tahu, yakin juga aku, bahwa iman itu ada dalam dirimu.' Orang tua yang memiliki iman yang kuat akan memberikan contoh yang positif bagi anak-anak mereka.

4. Menjadi teladan kasih bagi keluarga, tetangga dan orang-orang di sekitar.

Penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang cinta, kasih, dan hubungan yang sehat dengan sesama. Galatia 5:22-23 menggambarkan buah Roh, termasuk kasih, sukacita, damai, dan kesabaran, yang harus diajarkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Orang tua juga harus mempersiapkan anak-anak mereka untuk memberikan pengaruh positif pada dunia. Matius 5:16 mengatakan, 'Demikian juga hendaklah terangmu bercahaya di depan manusia, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.' Orang tua harus mengajar anak-anak mereka untuk melayani Tuhan dan berkontribusi pada kebaikan dunia.

 

Baca Juga: TERNYATA ANAK BISA BELAJAR DARI KEHIDUPAN PERNIKAHAN KITA LHO! INI YANG MEREKA DAPAT

 

Dengan menjalankan prinsip-prinsip ini dan memberikan teladan yang baik, orang tua dapat memastikan bahwa anak-anak mereka mengenal Tuhan sejak kecil dan memiliki fondasi iman yang kuat untuk masa depan mereka. Hal ini akan membantu mereka untuk hidup dalam kebenaran dan kasih Allah serta menginspirasi generasi yang akan datang.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK