ARTICLE

Thu - Jun 27, 2024 / 164 / Daily Devotional

Kepercayaan Diri dalam Mencoba Hal Baru

Shalom SuperParents! Tentu kita semua ingin anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang berani dan percaya diri, terutama saat mencoba hal-hal baru. Menghadapi tantangan dan kesempatan baru sering kali memerlukan keberanian yang besar. Namun, sebagai orang tua, SuperParents dapat membantu anak-anak untuk melangkah dengan percaya diri.

Super Ayat

'Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih, dan ketertiban.' (2 Timotius 1:7)

Ayat ini sangat menginspirasi, mengingatkan kita bahwa Tuhan tidak memberikan roh ketakutan kepada kita. Sebaliknya, Dia memberikan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih, dan ketertiban. Ini berarti bahwa keberanian dan kekuatan adalah bagian dari identitas kita sebagai anak-anak Tuhan.

BACA JUGAMenghadapi Kegagalan dengan Kepercayaan Diri

Saat anak-anak menghadapi kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru, seperti bergabung dalam tim olahraga, memulai hobi baru, atau berbicara di depan kelas atau di depan umum, mereka mungkin merasa cemas atau gak percaya diri. Inilah saatnya kita mengingatkan mereka Super Ayat kita di 2 Timotius 1:7. Bahwa Tuhan memberikan mereka roh keberanian dan kekuatan, bukan ketakutan.

Misalkan, si kecil ingin ikut dalam paduan suara sekolah, tetapi merasa gugup karena belum pernah bernyanyi di depan banyak orang. Sebagai orang tua, SuperParents bisa membacakan dan menjelaskan ayat ini bersama-sama, memberikan mereka pengertian bahwa Tuhan ada bersama mereka dan memberikan roh keberanian. Kita bisa membantu mereka berlatih di rumah, memberikan dukungan dan dorongan, sehingga mereka merasa lebih siap dan percaya diri.

SuperParents juga bisa memastikan anak-anak merasa didukung dan dicintai, apapun hasil yang mereka capai. Dukungan emosional dari orang tua sangat penting untuk membangun kepercayaan diri mereka. Jangan lupa bantu anak-anak untuk berlatih dan mempersiapkan diri sebelum mencoba hal baru. Misalnya, jika mereka ingin mengikuti kompetisi, berlatihlah bersama mereka di rumah sehingga mereka merasa lebih percaya diri. Berikan pujian dan penghargaan untuk usaha dan keberanian mereka, bukan hanya hasil akhirnya. Ini akan membantu mereka memahami bahwa proses dan usaha mereka juga sangat berharga. Sebagai orang tua, tunjukkan keberanian dalam kehidupan sehari-hari. Ketika anak-anak melihat SuperParents berani mencoba hal baru, mereka akan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

BACA JUGAAtasi Minder: Melihat Diri Seperti Bagaimana Tuhan Melihat

Dengan bantuan dan dukungan SuperParents, anak-anak dapat belajar untuk menghadapi tantangan dengan keberanian dan kepercayaan diri yang kuat. Mereka akan memahami bahwa dengan Tuhan di sisi mereka, mereka tidak perlu takut mencoba hal baru.

Semoga renungan ini dapat memberikan inspirasi dan kekuatan bagi SuperParents, dalam mendampingi anak-anak untuk berani melangkah dan mencoba hal baru dengan kepercayaan diri yang kokoh. Tuhan memberkati!

Apakah saat ini SuperParents sedang menghadapi kesulitan dalam membimbing anak-anak atau mungkin menghadapi masalah lainnya dan membutuhkan saran, dukungan maupun doa? SuperParents bisa menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN, karena tim Konseling CBN selalu siap mendengarkan dan mendukung SuperParents. Jangan ragu untuk menghubungi ya!

HUBUNGI SEKARANG

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK