ARTICLE

Thu - Aug 01, 2019 / 441 / Parenting

Kenapa Sih Gereja Karismatik Melakukan Penyerahan Bayi?

SuperParents, pernahkah mendengar istilah penyerahan bayi? Mungkin, beberapa SuperParents yang tidak tahu apa itu penyerahan bayi.

Penyerahan bayi adalah seremoni yang dilakukan sebagai bentuk penyerahan anak kepada orangtua yang akan membimbing dan membesarkan mereka. Biasanya, penyerahan bayi dilakukan beberapa bulan atau bahkan setahun setelah bayi lahir, dan dilakukan di gereja karismatik.

SuperParents tahu gak sih, seremoni ini sangat penting, lho. Penyerahan bayi menjadi satu pengakuan kedaulatan Tuhan bukan hanya atas anak, tapi juga atas orangtuanya. Dimana orangtua lah yang menyerahkan anak tersebut secara langsung kepada Tuhan untuk meminta berkat dan kebijaksanaan dalam menjalankan tanggung jawab mereka sebagai orangtua.

Saat penyerahan bayi ini, SuperParents akan diminta untuk berdoa dan memberkati anak supaya dalam proses tumbuh kembangnya, ia menjadi pribadi yang percaya serta mencintai Tuhan sepanjang hidupnya.

Kira-kira, apa saja, ya, yang harus dilakukan sebelum dan selama penyerahan bayi? SuperParents, ayo kita cari tahu bersama!

Baca juga: 3 CARA BIJAK MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR ORANGTUA DI SEKOLAH ANAK

1. Konseling untuk SuperParents

Sebelum melakukan penyerahan bayi, sangat penting bagi pendeta untuk memberikan konseling kepada SuperParents tentang apa arti penyerahan bayi.

Bagian terbaik untuk disampaikan adalah Ulangan 6: 4-7. Ayat ini memberikan SuperParents pengertian soal mendidik anak.

Pertama, mengingatkan SuperParents untuk mengasihi Tuhan lebih dulu jika mereka mau benar-benar ingin anak mereka juga akan mengasihi Tuhan.SuperParents diharapkan bisa menjadi contoh iman yang benar bagi anak.

Kedua, ayat ini juga menjelaskan soal peran SuperParents dalam mendidik anak. SuperParents bisa mendidik anak dengan berbagai cara, diantaranya memperkenalkan anak tentang Sekolah Minggu atau memperkenalkan budaya baru, seperti melakukan hal-hal yang benar sesuai alkitab.

Baca juga: TRIK MENDIDIK ANAK AGAR BISA MENJADI PAHLAWAN PERUBAHAN BAGI GENERASI

2. Kehadiran seluruh keluarga begitu penting

Sumber: House of Glory

Pada saat penyerahan bayi, sangat penting bagi SuperParents untuk bisa bersama-sama berdiri di depan altar bersama seluruh keluarga besar.

Walaupun hal ini bukan hari istimewa mereka, penting untuk memastikan mereka ada. Dari kakek-nenek sampai saudara yang lain dibutuhkan sebagai saksi sekaligus orang yang ikut membagikan doa berkat untuk sang bayi.

Di dalam Alkitab penyerahan bayi dikisahkan di dalam 1 Samuel 1, dimana Hana menyerahkan putranya, Samuel kepada Tuhan.

Selain itu, di Lukas 2: 22 kita membaca kisah bahwa Maria dan Yusuf juga melakukan perjalanan ke bait suci di Yerusalem untuk mempersembahkan Yesus dihadapan Tuhan.

Itulah hal yang bisa SuperParents lakukan sebelum dan saat penyerahan bayi dilakukan. Ternyata, penting ya, untuk bisa melakukan penyerahan bayi. Jika SuperParents baru memiliki bayi, sangat baik untuk melakukan penyerahan bayi, ya.

Sumber: jawaban.com

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK