ARTICLE

Sun - Jun 09, 2024 / 163 / Daily Devotional

Kejujuran Sebagai Dasar

Shalom Superparents! Hari ini kita akan membahas topik yang sangat penting, yaitu kejujuran. Mengajarkan anak tentang kejujuran adalah salah satu fondasi utama dalam membentuk karakter mereka. Mari kita renungkan bagaimana kita bisa mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak kita dengan cara yang sederhana dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Kejujuran adalah salah satu nilai dasar yang harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Ketika anak-anak belajar untuk jujur, mereka belajar untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain, menghindari masalah, dan menjadi individu yang dapat dipercaya.

Alkitab memberikan banyak panduan tentang pentingnya kejujuran. Salah satu ayat yang bisa menjadi Super Ayat kita adalah Amsal 12:22:

“Bibir dusta adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi orang-orang yang berlaku setia dikenan-Nya.”

Ayat ini mengajarkan bahwa Tuhan menyukai orang yang jujur dan setia. Ini bisa menjadi dasar yang kuat bagi kita sebagai orang tua untuk mengajarkan anak-anak tentang nilai kejujuran.

Mengapa Kejujuran Penting bagi Anak-anak?

Karena kejujuran dapat membangun kepercayaan. Ketika anak-anak jujur, mereka membangun kepercayaan dengan orang tua, teman, dan guru.

Selain itu dari kejujuran anak-anak bisa terhindar dari masalah. Kejujuran membantu anak-anak menghindari masalah yang lebih besar yang mungkin timbul dari kebohongan.

Kejujuran juga dapat berdampak bagi pengembangan Karakter. Kejujuran adalah bagian penting dari pengembangan karakter yang baik dan menjadi dasar untuk nilai-nilai lainnya.

BACA JUGAMENANAMKAN SIKAP JUJUR PADA ANAK LEWAT 5 AYAT INI! 

Berikut ini cara yang bisa SuperParents lakukan untuk membangun nilai kejujuran pada anak:

Ajar anak menggunakan cerita-cerita dari Alkitab atau buku cerita lainnya yang menekankan nilai kejujuran.

Permainan peran juga bisa membantu anak memahami konsekuensi dari kejujuran dan kebohongan.

Terlebih lagi, SuperParents wajib menjadi contoh yang baik, sebab anak-anak belajar banyak dari melihat perilaku orang tua mereka.

Jadilah contoh yang baik dengan selalu berkata jujur dalam segala situasi. SuperParents juga bisa untuk ajak anak-anak berdiskusi tentang situasi sehari-hari di mana mereka bisa memilih untuk jujur atau tidak, dan apa konsekuensinya.

Jangan lupa berikan mereka penghargaan untuk kejujuran mereka, penghargaan atau pujian ketika anak-anak menunjukkan kejujuran akan mendorong mereka untuk terus bersikap jujur.

Mengajarkan kejujuran kepada anak-anak adalah tanggung jawab penting bagi SuperParents sebagai orang tua. Dengan memberikan contoh yang baik, menggunakan cerita-cerita inspiratif, dan berdiskusi secara terbuka, kita bisa membantu anak-anak kita memahami dan menghargai nilai kejujuran. Ingatlah, Superparents, bahwa membesarkan anak-anak yang jujur adalah salah satu hadiah terbesar yang bisa kita berikan kepada mereka dan kepada dunia.

Sssssttt... Papa, Mama, Om, Tante, dan SuperTeachers, mari bergabung mengikuti event Family Run 2024 yang akan diadakah CBN pada, Sabtu 22 Juni 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Area Plaza Utara. Selain olahraga, dan main games seru di setiap boothnya, kita juga bisa ciptakan momen berharga bareng keluarga. Seru kan? Makanya buruan daftar yaa!

Daftar di sini

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK