ARTICLE

Thu - Nov 23, 2023 / 1497 / Daily Devotional

MENANAMKAN SIKAP JUJUR PADA ANAK LEWAT 5 AYAT INI!

Anak-anak adalah bibit-bibit iman yang perlu ditanamkan dengan nilai-nilai kristiani sedini mungkin, salah satunya adalah kejujuran. Kita sebagai pengajar dan pendamping memiliki tanggung jawab untuk membimbing mereka agar tumbuh sebagai murid Kristus yang jujur dan tulus.

Sikap Jujur dalam Alkitab

Alkitab menekankan betapa pentingnya kejujuran dalam hidup kita sehari-hari. Sebagai contoh, dalam Kitab Amsal pasal 12 ayat 22, dikatakan bahwa 'Orang yang dusta bibirnya adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi orang yang berlaku setia dikenan-Nya.' Ayat ini mengajarkan kepada anak-anak bahwa kejujuran bukan hanya nilai moral, tetapi sesuatu yang Tuhan senangi.

Mengapa Kejujuran Penting?

Kejujuran adalah pondasi dari semua hubungan yang sehat, termasuk hubungan kita dengan Tuhan. Dengan mengajarkan anak-anak tentang kejujuran, kita membantu mereka membangun dasar yang kuat untuk hubungan dengan sesama dan dengan Tuhan. Jika kita jujur, kita lebih dapat dipercaya.

Membentuk Karakter Jujur

Seiring berjalannya waktu, sikap jujur yang ditanamkan pada anak-anak akan membentuk karakter mereka. Mereka akan menjadi pribadi yang dapat diandalkan, penuh integritas, dan bersedia mengakui kesalahan.

Mendukung Anak-anak dalam Menghadapi Tantangan

Anak-anak seringkali dihadapkan pada situasi di mana kebohongan mungkin tampak sebagai pilihan yang mudah. Melalui pengajaran kejujuran, kita memberikan dukungan dan pedoman kepada mereka dalam mengatasi godaan untuk tidak jujur atau berbohong.

Berikut ini 5 Ayat yang Bisa Kita Tanamkan pada Anak-anak Tentang Kejujuran

- Amsal 11:3 “Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya.”

- Mazmur 37:37 'Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan.'

- Matius 5:37 'Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak: Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat”

- Amsal 12:6 'Perkataan orang fasik menghadang darah, tetapi mulut orang jujur menyelamatkan orang.'

- Imamat 19:11 “Janganlah kamu mencuri, janganlah kamu berbohong dan janganlah kamu berdusta seorang kepada sesamanya”.

Menanamkan sikap jujur pada anak-anak adalah investasi berharga untuk masa depan iman mereka. Dengan memahami bahwa kejujuran adalah nilai yang disukai oleh Tuhan, kita membimbing mereka menuju karakter yang mencerminkan ajaran Kristus. Mari bersama-sama membentuk generasi penerus yang teguh dalam kejujuran, menjadi terang di tengah dunia.

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK