ARTICLE

Fri - Sep 09, 2022 / 288 / Parenting

Jangan Panik dan Khawatir, Siasati Kenaikan Harga Barang Kebutuhan Pokok dengan Cara Ini

Harga barang-barang kebutuhan pokok siap-siap merangkak naik sebagai imbas dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Kita harus pintar-pintar nih mengatur pengeluaran agar tetap bisa penghasilan tetap cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah Superparents nggak perlu pusing dan panik ya, karena momin mau berbagi cara untuk mengatur uang belanja agar lebih efektif. Bagaimana caranya? Simak sampai selesai ya.

  1. Pastikan Superparents selalu mencatat pengeluaran dengan detail dan konsisten.

Superparents bisa menggunakan buku tulis, excel (laptop/ komputer), atau aplikasi pencatat keuangan. Tujuannya agar Superparents mengetahui anggaran mana yang bisa dihemat dan dikurangi untuk dipindahkan ke anggaran belanja.

 

  1. Pisahkan anggaran belanja dalam pos mingguan

Gunakan empat amplop untuk Superparents yang masih menggunakan metode cash. Atau Superparents juga bisa menggunakan empat rekening bank terpisah. Superparents pisahkan anggarannya untuk perminggu ke masing-masing empat amplop tadi. Jika jatah mingguan tadi habis, usahakan untuk tidak mengambil jatah minggu berikutnya agar mencegah tabungan tidak bocor.

 Baca juga : INILAH CARA EFEKTIF AGAR TETAP BISA MEMENUHI KEBUTUHAN WALAUPUN TERKENA DAMPAK PANDEMI

  1. Buatlah meal plan untuk merencanakan apa saja yang ingin dimakan dalam 3-7 hari kedepan

Selain membuat anggaran dalam belanja sembako membuat kita menjadi terarah dan sesuai budget, meal plan juga mengurangi resiko bahan makanan yang terbuang sia-sia. Ini juga bisa mendukung asupan gizi keluarga agar semakin berkualitas.

 

  1. Cermat mencari alternatif harga yang lebih murah dengan memanfaatkan promo

Superparents bisa membandingkan harga barang kebutuhan pokok di toko satu dengan lainnya, menggunakan diskon, membeli buah-buah lokal dibandingkan impor, dan membandingkan harga di e-commerce.

 Baca juga : TINGKAT KEBUTUHAN ANAK YANG PERLU ORANG TUA KETAHUI

  1. Hindari berhutang (terutama memakai kartu kredit dan paylater). Cari alternatif untuk menambah pemasukan keluarga.

Superparents bisa menyambi berjualan online, freelance, membuat konten, mengambil kursus gratis dan kemampuannya nanti bisa digunakan untuk mencari penghasilan tambahan.

Nah Superparents sendiri sudah melakukan yang mana nih? Yuk jangan panik dan khawatir kalau keluarga kita nantinya bisa berkekurangan. Tuhan kita adalah Tuhan yang kaya, dia tidak akan meninggalkan kita. Burung di udara saja dia pelihara, pastilah kita juga. Kita hanya perlu datang kepada-Nya dan bersyukur atas berkat-Nya atas kehidupan kita selama ini. Tuhan Yesus memberkati.

Contasia C

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK