ARTICLE

Wed - Feb 27, 2019 / 888 / Parenting

Jangan Memberikan Kasih Sayang Berlebihan Kepada Anak Karena Alkitab Berkata…

Masih ingatkah Anda dengan istilah Helicopter Parenting yang pernah Superbook bahas sebelumnya di sini (klik untuk mengetahui artikel asli). Apa ya kata Alkitab ya tentang mendidik anak ala helicopter ini?

Seperti yang kita tahu, helicopter itu adalah kendaraan yang unik. Ia tidak dirancang untuk terbang dengan cepat, bisa terbang diam, mudah bermanuver, dan melindungi apa yang dibawahnya. Inilah yang terkadang orangtua zaman milenial lakukan. Orangtua pastinya akan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Namun kalau berlebihan, bisa berpengaruh ke perkembangan emosional dan akademis anak lho.

Baca juga : BAHAYA! JANGAN TERAPKAN HELICOPTER PARENTING PADA ANAK KARENA INI AKIBATNYA

Apa saja yang anak lakukan terus diawasi. Cinta, kasih sayang, dan perlindungna berlebihan diberikan karena orangtua menganggap hal itu sama saja serta terbaik untuk anak, padahal sebenarnya tidak. Yang benar adalah bagaimana kita sebagai orangtua mampu menuntun dan mengajarkan anak agar kehidupannya sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

Sumber: 4Tests.com

Masih ingatkah SuperParents dengan beberapa kejadian nyata yang akhir-akhir ini santer diberitakan? Seperti anak SMK yang menantang gurunya, atau anak yang kemudian berbuat kurang ajar kepada gurunya karena hanya di tegur sedikit, atau yang paling parah orangtua bersama anaknya menganiaya seorang karyawan sekolah yang bekerja sebagai tukang kebun karena anaknya tidak terima ditampar setelah ia mengata-ngatai dengan kasar karyawan tersebut. Itulah hasil dari helicopter parenting yang diakibatkan anak berpikir mereka pasti dilindungi orangtuanya.

Baca juga : INILAH HADIAH TERPENTING YANG HARUS ANAK DAPATKAN SAAT ULANG TAHUN!

Biarkanlah anak melakukan kesalahan, keterpurukan, kejatuhan, dan hal-hal tidak mengenakkan lainnya karena memang itulah proses hidup. Saat dewasa anak bisa belajar bagaimana mereka bisa bangkit dan menghadapi masalah tersebut. “Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia berikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.” Ibrani 12: 11.

Seperti firman Tuhan di Amsal 13:14, “Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan, sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut.” Jadilah orangtua yang bijak agar anak juga terhindar dari sifat lemah dan manja. Mari kita didik dan ajarkan anak-anak kita agar menjadi tangguh dalam menghadapi kegagalan dan masa sulit. Bukan untuk kabur dan lari dari masalah dan kesulitan.

Apakah SuperParents terberkati dengan artikel ini? Ingin terus mendapatkan informasi parenting sesuai dengan kebenaran firman Tuhan?

Dukung kami terus yuk dengan Klik Disini.

Sumber: dari berbagai sumber

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK