ARTICLE

Thu - Apr 16, 2020 / 325 / Parenting

3 Cara Menanamkan Karakter yang Baik Kepada Anak

Salah satu hal yang paling penting dalam mendidik anak adalah bagaimana membentuk karakter mereka. Membentuk karakter anak memang tidak mudah. Oleh karena itu, Superbook akan membantu para SuperParents agar bisa mulai melatih anak sedari dini.

 

1. Anak-anak belajar dengan contoh atau teladan

Teladan orang tua

Apapun yang kita lakukan dan katakan, mereka akan mencontoh dan menjadi karakternya. Ketika kita membiarkan perilaku yang salah dan kita sendiri juga melakukannya, lama kelamaan secara sadar maupun tidak, ini akan menjadi karakter mereka.

Baca juga : CARA EFEKTIF MENGAMALKAN KASIH KRISTUS DI MASA PANDEMI

Teladan Tuhan

Tidak hanya kita sebagai orang tua yang perlu menjadi teladan anak, kita juga harus mengarahkan mereka agar melihat teladan Tuhan Yesus. SuperParents bisa bercerita tentang bagaimana kehidupan Tuhan Yesus dan bagaimana anak harus bersikap.

Lindungi anak dari pengaruh yang salah

Lingkungan juga menjadi salah satu yang mempengaruhi karakter anak. Kita harus melindungi anak dari pengaruh yang salah, seperti:

  1. Hati-hati dengan tontonan anak
  2. Amati dengan siapa anak berteman
  3. Apa yang anak baca di buku
  4. Apa yang anak cari di internet

 Baca juga : SENANGNYA TETAP BISA BERIBADAH JUMAT AGUNG DAN PASKAH WALAUPUN #DIRUMAHAJA

2. Anak-anak belajar lewat koreksi, pelatihan, dan disiplin.

Kadang kita frustasi ya kalau harus mengoreksi sikap anak terus menerus. Padahal itulah waktunya dimana kita harus mendidik mereka sesuai dengan karakter Kristus. Yang harus kita pikirkan adalah bagaimana kita mendidik anak dengan situasi seperti itu bukan bagaimana kita mengubah sikap mereka. Jika kita ingin anak mempunyai karakter seperti Kristus, referensi kita hanya satu, firman Tuhan.

 

3. Anak-anak belajar karakter lewat pengajaran yang positif dan konstruktif.

Pertama-tama anak belajar karakter dari rumah atau keluarga. Setelah itu lingkungan. Salah satu lingkungan yang baik karena bisa memberikan pengajaran yang positif untuk anak adalah sekolah minggu. Jadi jangan ragu untuk ajak anak untuk rajin bersekolah minggu ya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK