ARTICLE

Tue - Mar 31, 2020 / 2144 / Daily Devotional

Inilah Cara Mengajak Anak Mendoakan Kondisi Pandemi Covid-19

Tidak sedikit orang yang khawatir tentang pandemi Covid-19 ini. Sebagai orang yang lebih dewasa, bagaimana kita bisa menjelaskannya kepada anak agar mereka mengerti? Dan bagaimana kita bisa mengajak anak-anak untuk mendoakan bersama agar kondisi ini cepat berlalu? Superbook akan membantu kakak Superteacher maupun Superparents dengan ide sederhana tentang apa yang harus didoakan.

  1. Bersyukur kepada Tuhan

Paulus mengingatkan kita agar “bersukacita senantiasa, tetap berdoa, dan mengucap syukur dalam segala halsebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”(1 Tesalonika 5:16-18). Mulailah doa dengan mengucap syukur kepada Tuhan atas kesetiaan dan kasih-Nya bagi kita. Mintalah anak untuk memikirkan apa yang ingin mereka syukuri hari ini.

 

Doa        : Tuhan Yesus yang ada di surga, terima kasih karena Engkau selalu ada untukku saat tidur maupun terbangun. Terima kasih atas hari ini, terutama untuk …[…]

 

  1. Berdoa untuk keluarga

Sumber : Freepik

Disaat semakin banyak orang yang sakit, jutaan keluarga di dunia bertahan untuk tetap di rumah agar penyebaran virus ini tidak semakin meluas. Bersama setiap hari di ruangan terbatas, bisa jadi hal yang menantang, pada saat yang sama kita tidak bisa mengunjungi kerabat lainnya. Berdoa bersama untuk keluarga di rumah, kerabat, tetangga, kota, dan negara. (Roma 12:16a)

 

Doa        : Tuhan, karena banyak orang yang sakit saat ini, aku tidak bisa sekolah, ibu dan ayah bekerja di rumah. Karena kita semua berada di rumah sepanjang hari, bantu kami untuk bersikap baik dan saling membantu. Sertai kerabat dan keluarga kami di luar sana juga.

 

  1. Berdoa untuk teman-teman

Sumber : Freepik

Tidak mudah bagi anak untuk tidak bertemu teman-temannya dan bermain bersama mereka. Superparents bisa menjelaskan kepada anak bahwa ia akan bisa bertemu temannya kembali nanti, jika kondisi ini sudah membaik (Pengkhotbah 3: 1 & 5b). Mintalah anak untuk mendoakan temannya dengan menyebutkan nama mereka.

 

Doa        : Tuhan, aku kangen sama teman-temanku dan ingin bermain bersama dengan mereka secepatnya. Tolong sertai mereka juga Tuhan, dan biarkan mereka merasakan kasih-Mu. Aku berdoa untuk … […]

 

  1. Berdoa untuk para lansia

Sumber : freepik

Tidak semua orang bersama keluarganya. Terutama para lansia dapat merasa terisolasi dan kesepian. Mungkin ada orang di keluarga besar atau lingkungan sekitar yang tidak bersama keluarganya, mintalah anak untuk mendoakan mereka (Roma 8: 38-39).

 

Doa        : Tuhan, aku juga mau berdoa untuk para lansia dan orang-orang yang sendirian saat ini. Berikan mereka kenyamanan dan kasih-Mu serta bantu mereka sadar bahwa mereka tidak sendirian. Terutama aku mau berdoa untuk … […]

 

  1. Mendoakan yang sakit

Sumber : freepik

Angka orang yang terjangkit penyakit ini memang bertambah signifikan, tapi kita tidak perlu menakuti anak-anak. Setidaknya kita menjelaskan kepada anak bahwa kita harus mendoakan mereka agar cepat sembuh. Jika Superparents tahu seseorang yang sedang sakit, ajak anak mendoakan mereka karena ‘doa orang benar, bila dengan yakin di doakan, sangat besar kuasanya.’ (Yakobus 5:16b)

 

Doa        : Tuhan, banyak orang yang sakit sekarang. Tolong bantu sembuhkan dan pulihkan mereka. Berikan juga kenyamanan sehingga mereka tidak takut lagi. Terutama aku ingin berdoa untuk … […]

 

  1. Berdoa untuk dokter dan perawat

Sumber: freepik

Dokter dan perawat adalah garis terdepan yang merawat orang sakit. Karena bertambahnya pasien, banyak dari mereka kelelahan baik secara fisik maupun emosional. Mereka mengorbankan kesehatan bahkan hidup mereka sendiri. Ajak anak untuk mendoakan mereka, dan apabila kenal dengan beberapa dokter, Superparents bisa mengarahkan anak untuk mendoakan dokter atau perawat tersebut (Yohanes 15: 13).

 

Doa        : Tuhan, terima kasih atas semua dokter dan perawat yang mengasihi dan berani merawat orang-orang yang sakit ini. Berikan mereka kekuatan ekstra saat banyak orang membutuhkan mereka. Berikan juga kebijaksanaan, sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk menyembuhkan yang sakit. Dan saat mereka lelah, bantu mereka mengingat kasih-Mu kepada mereka dan betapa kami juga mengasihi mereka. Kami sangat bersyukur atas apa yang telah mereka perbuat.

 

  1. Berdoa untuk vaksin

Sumber: freepik

Tantangan terbesar di masa pandemi ini adalah tidak adanya perlindungan dan obat. Karena itu, peneliti di berbagai belahan dunia sedang berlomba-lomba mencari vaksinnya secepat mungkin. Jika anak Superparent masih terlalu kecil, Anda bisa menjelaskan bahwa dokter sedang bekerja keras mencari obat terbaiknya (Yesaya 19: 22).

 

Doa : Tuhan, terima kasih atas semua dokter dan ilmuwan yang telah bekerja keras mencari obat terbaik untuk menyembuhkan orang-orang yang sakit dan melindungi kami supaya tidak sakit. Berikan mereka kebijaksanaan dan pemikiran yang terbaik sehingga mereka cepat menemukannya.

Sumber : WEA
Download PDF

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK