ARTICLE

Tue - Aug 11, 2020 / 361 / Parenting

Ini Lho Pentingnya Menanamkan Iman dan Membentuk Karakter Anak Dalam Keluarga!

Keluarga adalah sarana pendidikan yang paling utama dan pertama. Dari sinilah anak mengenal iman dan mendapatkan penanaman moral untuk pertama kalinya. Di kitab perjanjian lama pun, pendidikan agama dimulai dari keluarga, contohnya Abraham, Ishak, dan Yakub. Oleh karena itu, keluarga bisa dibilang adalah tempat utama untuk menyebarkan firman Allah baik melalui pengajaran dan keteladanan.

Tapi sayangnya, kadang masih saja ada orang yang berpikir bahwa pendidikan agama itu sepenuhnya tanggung jawab gereja atau sekolah minggu. Padahal firman Tuhan sendiri sudah berkata dalam Ulangan 6: 5-7, “Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

 Baca juga : KIAT AGAR ANAK PEMALU BISA PERCAYA DIRI DAN MAMPU BERSOSIALISASI

Keluarga sebagai pusat dari misi Allah

Allah memulai misinya dari keluarga, seperti gambaran pada Kejadian 1:27 & 28. Karena keluarga merupakan tempat yang paling utama untuk pertumbuhan iman anak, maka keluarga juga berperan dalam pembentukan kepribadian dan karakter anak. Orang tua harus menjadi kesaksian hidup bagi anaknya.

Nah hal yang paling penting disini, orang tua harus memiliki kerohanian yang berkualitas juga agar bisa mendidik anak dalam Tuhan. Karenanya orang tua membutuhkan anugerah Allah, kemauan, dan disiplin untuk dibentuk oleh Tuhan. Baru kemudian mereka memiliki kemampuan untuk mendidik anak dengan baik.

 Baca juga : MENGENAL ANAK ‘PEMBAWA MASALAH’ DAN CARA MENGATASINYA

Keluarga sebagai tempat utama penyebaran firman Tuhan

Keluarga adalah tempat pertama anak untuk belajar dan menaati perintah Tuhan. Seperti bagi orang-orang Israel, mereka mengajarkan pengalaman bersama Tuhan kepada anak-anak mereka. Contoh yang mereka ajarkan adalah tentang Paskah (Keluaran 12: 24-27), ketaatan pada firman Tuhan (Ulangan 4:9-10), serta pemahaman kasih yang terutama kepada Allah (Ulangan 6: 5-9).

Keluarga adalah ‘agen’ penting dalam penyebaran Firman Tuhan, jadi jangan meremehkan pengajaran firman Tuhan yang terjadi dalam keluarga. Berkat adanya keluarga, iman Kristen bisa terus bergulir seperti yang dialami oleh Timotius.

Melihat pentingnya keluarga ini, Superbook sadar harus memfasilitasi keluarga untuk menanamkan iman kepercayaan anaknya. Oleh karena itu, Superbook telah menyediakan konten-konten berkualitas yang dapat orang tua pakai agar dapat mendidik anaknya dengan baik. Harapannya anak tidak hanya memiliki iman yang berakar kuat pada Tuhan Yesus Kristus, tapi juga memiliki karakter dan norma yang sesuai dengan perintah-Nya.

KLIK DISINI UNTUK DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK