ARTICLE

Thu - Jul 04, 2024 / 81 / Parenting

Ini Cara Menghadapi Anak yang Kecanduan Game

Di era digital ini, banyak anak-anak yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar gadget, berselancar di social media atau bermain game. Kecanduan gadget atau game menjadi masalah yang sering dihadapi oleh orang tua, terutama saat liburan sekolah. Waktu luang yang seharusnya dimanfaatkan untuk kegiatan produktif seringkali dihabiskan di depan layar, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental anak.

Sebagai orang tua, SuperParents memiliki peran penting dalam membantu anak-anak menghadapi kecanduan gadget atau game dengan cara yang positif dan produktif. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Batasi Waktu Bermain Gadget

Tentukan batasan waktu yang jelas untuk bermain gadget. Pastikan anak memahami alasan di balik pembatasan ini untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka. Dengan pembatasan yang konsisten, anak akan belajar mengatur waktu dan memahami pentingnya keseimbangan.

2. Tawarkan Alternatif yang Menarik

Berikan anak pilihan kegiatan lain yang menarik dan bermanfaat. Dengan menawarkan alternatif yang menyenangkan, anak-anak akan lebih mudah mengurangi waktu bermain game. Misalnya, ajak mereka untuk mengikuti kelas seni, olahraga, atau belajar keterampilan baru yang mereka minati.

BACA JUGABikin Liburan Sekolah Jadi Produktif dengan Lakukan Eksperimen Ini

3. Libatkan Anak dalam Kegiatan Keluarga

Kegiatan keluarga seperti memasak bersama, menonton bersama atau bermain game yang menggunakan gerak fisik bisa menjadi alternatif yang menyenangkan sekaligus mendekatkan hubungan antara anggota keluarga.

Berikut beberapa kegiatan produktif yang bisa dilakukan anak-anak selama masa liburan untuk mengurangi kecanduan gadget atau game:

Membaca Buku

Ajak anak-anak untuk membaca buku yang menarik dan sesuai dengan usia mereka. Membaca dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan bahasa, dan merangsang imajinasi mereka. Pilihlah buku cerita misalnya tentang tokoh Alkitab, novel petualangan, atau sains fiksi yang dapat menginspirasi mereka.

Berolahraga

Ajak anak-anak berolahraga seperti bersepeda, bermain bola, atau berenang. Olahraga tidak hanya menjaga kesehatan fisik tetapi juga meningkatkan kebugaran dan energi positif. Ikuti klub olahraga lokal atau adakan permainan olahraga bersama teman-teman untuk membuatnya lebih menyenangkan.

Mengikuti Kelas Online

Ajak anak-anak untuk mengikuti kelas online yang sesuai dengan minat mereka, seperti seni, musik, atau keterampilan teknis. Ini tidak hanya meningkatkan keterampilan baru tetapi juga mendorong rasa percaya diri dan prestasi. Contohnya, mereka bisa belajar melukis, bermain alat musik, coding, atau robotik.

BACA JUGACara Membuat Liburan Anak Lebih Produktif: Ide Aktivitas yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Proyek Kerajinan Tangan

Buat proyek kerajinan tangan yang dapat dilakukan bersama di rumah. Kerajinan tangan mengembangkan kreativitas dan keterampilan motorik anak. Selain itu, aktivitas ini juga meningkatkan fokus dan ketekunan mereka. Misalnya, buatlah kerajinan dari bahan daur ulang, menghias pot tanaman, atau membuat dekorasi rumah.

Menghadapi anak yang mengalami kecanduan terhadap gadget atau game membutuhkan usaha dan kesabaran dari SuperParents. Dengan mengikuti langkah dan ide kegiatan di atas, SuperParents dapat membantu mereka menjadi lebih produktif dan sehat. Ingatlah, peran SuperParents sebagai orang tua sangat penting dalam mendampingi anak agar mereka tidak kecanduan gadget atau game. Mari manfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK