ARTICLE

Wed - Jul 03, 2024 / 68 / Inspirational

Bikin Liburan Sekolah Jadi Produktif dengan Lakukan Eksperimen Ini

Di era digital ini, anak-anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget daripada beraktivitas fisik atau melakukan kegiatan edukatif, apalagi diwaktu-waktu liburan sekolah seperti saat ini. Eksperimen sains sederhana di rumah bisa menjadi cara yang menyenangkan dan edukatif untuk mengalihkan perhatian mereka dari layar dan mengembangkan rasa ingin tahu serta pemahaman mereka tentang dunia di sekitar.

Berikut ini beberapa contoh eksperimen sains sederhana yang bisa dilakukan di rumah bersama anak-anak:

1. Gunung Berapi Soda Kue

Bahan:

- Soda kue
- Cuka
- Pewarna makanan (opsional)
- Sabun cuci piring
- Wadah atau botol kecil

Cara Melakukan:

- Letakkan wadah atau botol kecil di tengah nampan.
- Isi wadah dengan soda kue hingga setengah penuh.
- Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan untuk efek yang lebih menarik.
- Tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring.
- Tuangkan cuka secara perlahan ke dalam wadah dan amati reaksi yang terjadi.

Penjelasan:

Reaksi antara soda kue (basa) dan cuka (asam) menghasilkan gas karbon dioksida yang menyebabkan munculnya gelembung dan busa, mirip dengan letusan gunung berapi.

BACA JUGACara Membuat Liburan Anak Lebih Produktif: Ide Aktivitas yang Menyenangkan dan Bermanfaat

2. Pelangi dalam Gelas

Bahan:

- Air
- Gula
- Pewarna makanan
- Beberapa gelas

Cara Melakukan:

- Isi beberapa gelas dengan air.
- Tambahkan gula dengan jumlah berbeda ke setiap gelas (misalnya, gelas pertama tanpa gula, gelas kedua dengan satu sendok teh gula, gelas ketiga dengan dua sendok teh gula, dan seterusnya).
- Aduk hingga gula larut.
- Tambahkan pewarna makanan berbeda ke setiap gelas.
- Perlahan-lahan tuangkan air dari gelas yang memiliki konsentrasi gula tertinggi ke yang terendah sehingga terbentuk lapisan warna seperti pelangi.

Penjelasan:

Gula membuat air lebih padat, sehingga air dengan konsentrasi gula lebih tinggi akan berada di bawah dan air dengan konsentrasi gula lebih rendah akan mengapung di atasnya, menciptakan efek pelangi.

Melakukan eksperimen sains sederhana di rumah bukan hanya menyenangkan, tetapi juga sangat edukatif. Dengan melakukan eksperimen-eksperimen ini, anak-anak dapat belajar banyak tentang konsep sains dasar, meningkatkan rasa ingin tahu, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka. Jadi, daripada iarin anak-anak berlama-lama di layaar adget mendingan yuk ajak mereka untuk bereksperimen dan jadikan liburan mereka lebih produktif dan bermakna!

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK