ARTICLE

Fri - May 04, 2018 / 1542 /

Ini Cara Keren Bagi Guru Sekolah Minggu yang Mau Mengajarkan Tentang Kerja Sama

Sadarkah kakak bahwa ternyata di Alkitab, Tuhan sudah berfirman dan memberikan gambaran bagaimana kita harus bekerja sama sebagai manusia. Nah untuk mengajarkan hal ini kepada anak tentunya kita membutuhkan praktek donk. Kalau dijelaskan saja sepertinya kurang mengena ya.

Agar kakak tidak pusing lagi dan anak bisa mengerti maksudnya, kakak bisa menggunakan permainan yang mengasikkan dalam menyampaikan firman ini. Kakak berdiskusi dengan anak-anak tentang manfaat dari kerja bersama-sama (teamwork) melalui permainan berikut ini:

Serbuan Gajah

Bahan                                   :

Alkitab, pelampung batang yang dibagi menjadi 2 atau 2 koran yang digelinting memanjang.

Langkah permainan        :

Pilihlah 2 orang untuk menjadi gajah. Berikan mereka masing-masing pelampung batang atau koran tadi.

Ucapkan                              :

Dalam permainan ini, kita akan bekerja sebagai kelompok. Gajah kami akan mengejar siapapun dan berusaha menyentuh kalian (orang yang tidak menjadi gajah) dengan pelampung atau koran ini. Jika kamu tersentuh, berarti kamu akan menjadi bagian dari gajah. Pegang tangan teman gajah yang memegang pelampung atau koran (seperti bergandengan).

Anak yang tersentuh, akan bergantian memegang pelampung atau koran dan mulai mencoba mengenai kembali anak lain. Orang yang terkena terakhir, berarti yang terakhir juga memegang pelampung atau koran.

Sumber: childrensministry.com

Kesimpulan                        :

Sebelum bermain, tanyakan apakah anak-anak benar-benar mengerti. Kalau sudah, lakukan. Seusai bermain, tanyakan kepada mereka, apakah mereka menyukai permainannya? Manakah yang mereka sukai, berusaha menghindar dari sentuhan atau justru menjadi bagian dari gajah? Apa yang mereka bisa pelajari dari permainan ini?

Mintalah mereka untuk membaca dengan keras secara bersama-sama 1 Korintus 12: 20 – 25. Jelaskan kepada anak-anak bahwa Tuhan sudah memberikan kita masing-masing peranan di dunia ini. Tinggal bagaimana kita bisa bekerja sama untuk menciptakan dunia yang lebih baik lagi. Dunia ini tidak membutuhkan perpecahan, kita diciptakan Tuhan juga untuk saling memperhatikan satu dengan yang lain.

Jika anak menjadi target gajah, mereka harus bekerja sama agar tidak ada satupun yang tersentuh. Yang cepat melindungi yang lambat. Yang besar melindungi yang kecil. Dan jika mereka menjadi gajah, mereka harus mencari strategi untuk bekerja sama menyentuh mangsanya. (CC)

Sumber: childrensministry

Baca juga:

JADIKAN KELAS LEBIH MENYENANGKAN DENGAN PERMAINAN TENTANG AMARAH

3 ALASAN MENGAPA MEMBACA ALKITAB SECARA RUTIN PENTING UNTUK ANAK

JANGAN BINGUNG MENENTUKAN METODE PENGAJARAN DI SEKOLAH MINGGU! JAWAB DULU PERTANYAAN INI

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK