ARTICLE

Fri - Jul 09, 2021 / 297 / Sunday School

Ide Reward atau Hadiah yang Bisa Diberikan Kepada Anak Agar Mereka Makin Termotivasi

Biar anak semakin bersemangat melakukan hal yang positif, biasanya orang tua atau guru sekolah minggu akan memberikan reward kepada anak. Memberikan reward atau hadiah juga harus ada manfaatnya untuk si anak lho! Reward atau hadiah ini penting karena anak bisa merasa dihargai, diperhatikan, dan orang tua pun merasa bahagia.

Reward nggak selalu harus bagus dan mahal lho. Apalagi harus berupa benda, tidak juga sih. Superparents dan kakak guru sekolah minggu (GSM) bisa memberikan hal yang sederhana, seperti memuji kemajuan anak dan memberikan waktu bermain bersama (quality time) orang tuanya.

Lalu apa lagi reward yang bisa diberikan ya? Nah Superbook punya beberapa ide nih. Ada yang gratis dan ada yang membutuhkan modal. Tinggal bagaimana Superparents dan kakak GSM mau menggunakan yang mana.

Baca juga : PENTING! CARA MENDIDIK ANAK UNTUK MENGHADAPI RASA KECEWA DALAM HIDUPNYA!

Reward Bermodal

  1. Hadiah

Pilihlah barang yang dibutuhkan anak atau yang dia idam-idamkan. Tidak perlu yang mahal, yang penting berkesan. Misalnya perlengkapan sekolah baru.

 

  1. Makanan favorit

Sesuaikan dengan yang anak sukai. Kakak GSM bisa menggunakan biskuit, susu, es krim, dll.

 

  1. Kelas bermain

Ada beberapa platform digital sekarang yang memberikan liburan dan kelas bermain secara online. Selain anak tidak bosan dan jenuh saat di rumah saja, mereka tetap bisa belajar sambil bermain.

 

  1. Bebaskan anak

Mudah-mudahan barang atau liburan yang mereka inginkan masih cucok sama kantong Superparents atau GSM ya.

 

Reward Gratis

  1. Pujian

“Kamu keren banget bisa hafal ayat Alkitabnya dengan lengkap!”

“Papa bangga deh sama kamu karena sudah bantu membereskan mainan adik.”

 

  1. Ekstra screen time

Tentunya ini boleh diberikan kalau anak sudah melakukan semua tanggung jawabnya ya. Dan hanya boleh diberikan kepada anak sekolah dasar ke atas. Misalnya ditambah waktu bermain HP-nya ½ jam. Tapi Superparents tetap dampingi anak ya dan kalau sudah waktunya harus bisa tegas.

 

  1. Aktivitas spesial

Superparents bisa memberikan quality time dengan bermain bersama anak. Misalnya bermain bersama membuat gelembung sabun, membuat prakarya, memasak bersama, dll.

Untuk kakak GSM, kakak bisa memberikan kesempatan anak untuk mengekspresikan dirinya di sekolah minggu atau punya hak istimewa saat games hari itu. Misalnya membantu kakak menjelaskan firman Tuhan lewat eksperimen, dll.

Reward adalah salah satu cara orang tua agar anaknya semakin termotivasi melakukan firman dan ajaran kasih Tuhan dalam hidupnya. Orang tua tentunya juga harus terus belajar agar anak bisa tumbuh menjadi takut akan Tuhan dan senantiasa berhasil dalam hidupnya.

Superbook punya solusinya! Tanggal 10 Juli 2021 besok, CBN mengadakan Webinar Papa Mama Hebat dengan tema ‘Menolong Anak Nyaman Terbuka dan Mendengarkan Orang Tua’. Melalui webinar ini, orang tua bisa belajar bagaimana agar komunikasi dengan anak berjalan dengan lancar sehingga mereka mau terbuka bahkan mendengarkan nasehat kita. Yuk segera daftar sekarang!

DAFTAR

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK