ARTICLE

Sun - Jun 09, 2024 / 181 / Sunday School

Ide Aktivitas Sekolah Minggu untuk Melatih Anak untuk Menjadi Jujur

Sekolah Minggu merupakan waktu yang berharga bagi anak-anak untuk belajar nilai-nilai moral dan spiritual. Di Superbook Indonesia, kami percaya bahwa salah satu nilai yang penting untuk diajarkan adalah kejujuran. Dalam artikel ini, kami akan berbagi beberapa ide kegiatan kreatif yang dapat dilakukan oleh SuperTeachers untuk melatih anak-anak menjadi jujur.

1. Cerita-Cerita Inspiratif

SuperTeachers dapat membagikan cerita-cerita inspiratif tentang orang-orang yang memilih untuk jujur dalam situasi-situasi sulit. Misalnya, kisah Yusuf yang memilih untuk tetap jujur meskipun dihadapkan pada godaan yang besar. Cerita-cerita seperti ini dapat memberi contoh nyata kepada anak-anak tentang pentingnya memilih jalan yang benar.

2. Permainan Peran

Melalui permainan peran, anak-anak dapat belajar bagaimana menghadapi situasi-situasi di mana mereka diuji untuk berbohong atau tidak jujur. Misalnya, mereka dapat berperan sebagai anak yang dihadapkan pada situasi di mana mereka harus memilih antara jujur atau berbohong untuk menghindari hukuman. Permainan ini dapat membantu mereka memahami konsekuensi dari setiap pilihan yang mereka buat.

3. Diskusi Kelompok

Superteachers dapat memimpin diskusi kelompok tentang berbagai skenario kehidupan sehari-hari di mana kejujuran diuji. Anak-anak dapat berbagi pengalaman mereka sendiri atau memberikan pendapat tentang bagaimana mereka akan bertindak dalam situasi tersebut. Diskusi semacam ini dapat membantu mereka memahami bahwa kejujuran bukanlah hal yang mudah, tetapi selalu bernilai.

BACA JUGAKejujuran Sebagai Dasar

4. Mengakui Kesalahan

SuperTeacher juga bisa mengajak adik-adik untuk mengakui kesalahan jika mereka membuat suatu kesalahan, karena berani mengakui kesalahan merupakan salah satu bentuk perilaku jujur dan bertanggung jawab.

5. Melakukan Eksperimen

Nah SuperTeachers juga bisa melakukan eksperimen tentang kejujuran dari video Superbook berikut ini.

Dengan menerapkan ide-ide aktivitas ini dalam Sekolah Minggu, SuperTeachers dapat membantu anak-anak memahami nilai kejujuran dan menghidupinya dalam kehidupan sehari-hari. Mari bersama-sama menjadi teladan bagi generasi mendatang!

Sssssttt... Papa, Mama, Om, Tante, dan SuperTeachers, mari bergabung mengikuti event Family Run 2024 yang akan diadakah CBN pada, Sabtu 22 Juni 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Area Plaza Utara. Selain olahraga, dan main games seru di setiap boothnya, kita juga bisa ciptakan momen berharga bareng keluarga. Seru kan? Makanya buruan daftar yaa!

Daftar di sini

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK