ARTICLE

Fri - Nov 15, 2019 / 333 / Parenting

INGIN ANAK ANDA MENJADI DAMPAK? BIASAKAN 3 HAL BAIK INI PADA ANAK ANDA!

Generasi anak dikenal sebagai generasi yang sangat mudah dibentuk. Anak sangat mudah mengikuti apa yang dilakukan dan dikatakan oleh orang lain. Maka dari itu, sebagai pelayan generasi anak, sangat penting untuk mengajarkan banyak hal baik sedari dini kepada anak, agar mereka menjadi generasi anak berdampak.

Nah, SuperParents, hal apa aja sih yang harus diajarkan kepada anak sedari dini?

Baca juga: TIPS GURU UNTUK MEMBANTU ANAK BERADAPTASI DI SEKOLAH MINGGU BARUNYA

  1. Budayakan saat teduh

Jangan kira saat teduh hanya untuk orang dewasa saja kak. Anak pun sudah harus diajarkan untuk saat teduh sedini mungkin. Kenapa? Agar anak terbiasa untuk memiliki waktu pribadi bersama Tuhan dan belajar mengenal Tuhan secara pribadi sejak kecil. Tapi, gimana sih caranya?

Siapkan waktu yang tepat untuk saat teduh. Ketika bangun, atau setelah sarapan adalah dua waktu yang tepat. Selain itu, siapkan juga bahan saat teduh yang mudah dimengerti anak, dan jangan lupa untuk memandu anak ketika saat teduh. Jangan lupa untuk menjelaskan semua pertanyaan anak ketika saat teduh, agar anak semakin paham.

  1. Perkatakan perkataan positif

Sepele, tapi sangat penting untuk dilakukan. Ingat, bahwa mulut kita punya kuasa. Jadi, ajarkan anak untuk memperkatakan hal-hal yang baik, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Karena, semua yang kita perkatakan bisa menjadi berkat, bahkan menjadi kutuk, bagi kita dan orang lain.

Mulailah dengan ajarkan anak untuk bersyukur dalam segala hal. Ketika sedang mendapat nilai jelek, ketika bertengkar dengan teman, atau ia tidak mendapatkan yang ia inginkan, ajarkan terus bersyukur. Setelah ia sudah terbiasa bersyukur, ajarkan ia untuk berkata hal-hal yang positif kepada teman-temannya.

Sumber:  Sun Life
  1. Belajar melayani

Nah, berbicara tentang melayani, ini tidak harus di gereja kok. Melayani disini maksudnya adalah belajar untuk mengutamakan orang lain dibanding diri sendiri. Nah, ini yang harus kita ajarkan sedini mungkin kepada anak. Tujuannya agar anak pun terbiasa mempunyai empati kepada orang lain.

Mulai dengan budayakan anak membantu pekerjaan rumah, mulai dari pekerjaan yang ringan saja, tapi konsisten. Setelah sudah cukup sering, biarkan ia sendiri yang menawarkan bantuan. Ketika rasa empati sudah ada, ajarkan dan berikan contoh kepada mereka untuk mulai membantu sesama, mulai dari teman terdekat, bahkan sampai orang lain.

Baca juga: ANAK SEDARI KECIL SUDAH PEKA? YUK, KENALI CIRI-CIRINYA!

Tiga hal baik ini sangat penting untuk diajarkan kepada anak sedini mungkin, agar anak bisa menjadi generasi yang mengasihi Tuhan, mencintai Firman Tuhan, dan menjadi dampak di lingkungan. Jadi, tunggu apa lagi SuperParents? Ayo, ciptakan generasi anak berdampak!

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK