ARTICLE

Mon - Jun 11, 2018 / 1332 / Inspirational

Heboh Tagar #OldMoneyGakNgerasain, Inilah Tokoh Alkitab yang Merupakan Konglomerat

Hari Minggu kemarin (10/6) ada rangkaian postingan dari sebuah akun bernama @Hujadisenja yang  mendadak viral di Twitter. Komentar dari hasil postingan itupun lucu-lucu bahkan membuat kita terpingkal membayangkan jika posisi kita seperti mereka. Jadi sebenarnya ada apa sih dengan tagar #OldMoneyGak Ngerasain ini?

Semua dimulai dari kicauan bersambung akun @Hujadisenja yang bercerita tentang pengalamannya menjadi personal assistant (PA) seorang konglomerat di Indonesia selama beberapa tahun. Ia bercerita tentang bagaimana kehidupan konglomerat tersebut yang berbanding terbalik dengan mayoritas masyarakat Indonesia. Sang konglomerat tersebut diberi julukan “Old Money” oleh akun tersebut.

Beberapa cuitannya bercerita tentang kehidupan anak-anak dari konglomerat ini yang bergelimang fasilitas dan produk-produk bermerk, sifat istri Old Money dan anak-anaknya, serta kegiatan apa saja yang dilakukan para konglomerat ini. Disinilah letak keunikannya.

Baca juga: TANAMKAN TOLERANSI PADA ANAK SEJAK DINI DENGAN TIPS BERIKUT INI

Akun @Hujadisenja sempat menjelaskan bahwa Old Money ini beserta anak-anaknya mempunyai sikap yang justru lebih sopan dan tidak suka pamer, walaupun mereka kaya. Kalaupun pamer, sang nyonya Old Money ini hanya melakukannya di depan OKB (orang kaya baru) yang suka menyombongkan diri.

Selebihnya sikap mereka baik dan rendah hati, ditunjukkan lewat cuitan, “Beda ya booo ama OKB, baru nyumbang mie instan doang kudu bawa2 wartawan. Old Money mah no need manggil2 wartawan padahal nyumbangnya bisa puluhan sampe ratusan juta.”

Tahukah kamu, siapa saja tokoh Alkitab yang sebenarnya merupakan konglomerat pada zamannya? Berikut 10 orang diantaranya:

1. Salomo

Salomo adalah Raja Israel ketiga setelah Saul dan Daud, ayahnya. Karena Salomo takut akan Tuhan, maka Tuhan memberkatinya dengan berlimpah –limpah sesuai dengan janji Tuhan. Dikatakan di Alkitab kalau kekayaan Salomo lebih kaya daripada seluruh raja di bumi. Alkitab membahas secara rinci kekayaannya. Kita bisa membacanya di 2 Tawarikh 9:20-22,dan 25.

2. Ahasyweros

Ahasyweros adalah Raja Persia, negara yang pernah menjadi adikuasa di dunia. Dalam Ester 1: 3-5, dan 7, Raja Ahasyweros memamerkan kekayaan kerajaannya dalam pesta yang diadakan selama 180 hari!

 

3. Hizkia

Hizkia adalah Raja Yehuda (Israel Selatan), keturuan Raja Daud. Gambaran kekayaannya tercatat dalam 2 Tawarikh 32: 27-30. Tapi sayangnya, kekayaan yang diberikan oleh Tuhan ini justru menjadi sumber kehancurannya di kemudian hari. Ia memang saleh dan mengandalkan Tuhan. Namun di akhir hidupnya, ia lebih mengandalkan Raja Babel untuk melindungi Yehuda dari musuh. Hal ini dibenci Tuhan, dan berujung pada Bangsa Babel yang menjarah kekayaan Hizkia.

 

4. Ayub

Siapa sih yang tidak tahu kisah Ayub? Tokoh Alkitab yang dikenal saleh dan benar di hadapan Tuhan. Tuhan mengizinkan iblis untuk mencobai Ayub dengan sangat berat. Namun Ayub mampu melewati permasalahan itu semua dan akhirnya Tuhan memberikan kembali kelimpahan yang berkali-kali lipat dari sebelumnya. (Ayub 1: 1-3)


5. Abraham

Allah memanggil Abraham keluar dari negerinya, Ur-Kasdim dan pergi ke suatu negeri yang Tuhan tunjukkan kepadanya. Adapun fakta dari kekayaannya tertulis di Kejadian 13: 2, Kejadian 24: 35, dan Kejadian 12: 16 & 20.

 

6. Ishak

Ishak, anak Abraham dan Sara, pergi ke Gerar saat kelaparan melanda Kanaan. Tuhan berjanji padanya untuk menyertai dan memberkatinya. Di Gerar, penyertaan dan pemeliharaan Tuhan dinyatakan dalam hidup Ishak. Setelah Ishak menabur di tanah itu, ia menuai seratus kali lipat hasilnya (Kejadian 26: 12-14).

7. Nabal

Nabal adalah seorang yang sangat kaya tapi sangat pelit (1 Samuel 25: 2-3). Saat Daud dalam pelarian dari kejaran Saul, ia meminta bantuan kepada Nabal, tapi Nabal justru menjawabnya dengan kasar. Hal ini membuat Daud menjadi marah dan berniat untuk membunuhnya. Untunglah Nabal mempunyai istri yang bijak dan cantik, Abigail. Ia segera datang dan meminta maaf atas perilaku suaminya, serta memberikan apa yang Daud minta. Itulah yang membuat Daud mengurungkan niatnya.

 

8. Boas

Ingat dengan kisah Ruth yang begitu setia kepada ibu mertuanya, Naomi? Setelah anak Naomi meninggal, ia berusaha mencarikan jodoh bagi Ruth di Bethlehem. Terpilihlah Boas, kerabat Naomi yang merupakan seorang pria kaya raya baik hati dan takut akan Tuhan (Ruth 2:1).

Baca juga: LEBIH BAIK MENIKAHKAN ANAK REMAJA YANG SUDAH MULAI PACARAN. BENARKAH?

9. Barzilai

Barzilai memang kurang dikenal di Alkitab, tapi ia sangat kaya dan murah hati. Ia menyediakan makanan untuk Daud selama ia dalam pelarian dari Absalom (2 Samuel 19:31 – 32).

 

10. Orang muda yang datang kepada Yesus

Orang ini memang tidak disebutkan namanya di Alkitab, hanya dikatakan ia masih muda, seorang pemimpin, dan kaya raya. Ia datang kepada Yesus dan bertanya apa yang harus dilakukannya agar beroleh hidup yang kekal (Lukas 18: 22-23). Setelah mendengar jawaban Tuhan Yesus, orang muda ini akhirnya pergi meninggalkan Yesus karena hartanya sangat banyak. Ia merasa rugi kalau hartanya dibagikan kepada orang-orang miskin.

Nah itulah 10 orang terkaya yang dicatat dalam Alkitab. Kaya boleh-boleh saja, tapi jangan lupa tetap bersyukur kepada Tuhan atas berkat yang telah Ia limpahkan dan berbagi kasih kepada orang lain. (CC)

Sumber: dari berbagai sumber

Contasia Christie

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK