ARTICLE

Wed - Jun 06, 2018 / 3174 / Parenting

Tanamkan Toleransi Pada Anak Sejak Dini Dengan Tips Berikut Ini

Akhir minggu depan saudara-saudari Muslim kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Di tengah-tengah situasi yang sedang miskin toleransi, ini kesempatan emas buat para SuperParents menjelaskan kepada anak tentang toleransi. Perlu diingat, ruang lingkup perbedaan itu sangat luas, menyangkut agama, ras, suku, warna kulit, dan lain-lain. Mari bangun pemahaman anak dengan beberapa hal berikut:

1. Ajari anak bahwa perbedaan dan keragaman bukanlah sebuah ancaman

Sumber: FunBuzzTimes

Perbedaan dan keragaman tidak bisa dihindari karena keberadaannya nyata di lingkungan tempat kita hidup. Kitalah yang harus membentuk pola pikir kita tentang perbedaan. Beri pemahaman kepada anak bahwa perbedaan dan keragaman akan menciptakan lingkungan kehidupan yang saling melengkapi.

2. Tunjukkan anak cara menghormati orang-orang yang memiliki perbedaan

Sumber: Gulalives

Lakukan tindakan yang menunjukkan rasa cinta dan hormat Anda pada orang-orang di sekitar yang memiliki perbedaan dengan Anda. Ucapan SuperParents pun dinilai anak. Oleh sebab itu, selalu ucapkan hal-hal positif kepada anak dan ajak mereka menghargai orang lain.

3. Bantu anak membangun harga dirinya

Ajari anak mencintai diri mereka dengan mensyukuri penampilan fisik mereka. Anak yang bahagia, gembira, dan diperlakukan penuh hormat cenderung memperlakukan orang lain dengan hormat. Anak yang merasa nyaman dengan dirinya akan mampu bereksplorasi dengan dunia yang lebih luas dan tidak ragu berdebat dengan sehat.

Baca juga: CARA KEKINIAN GENERASI MILENIAL DALAM MENGASUH ANAK. APAKAH ANDA SALAH SATUNYA?

4. Dukung anak untuk mempelajari tradisi lain

Sumber: FIMELA Family

Mempelajari tradisi dari kelompok yang berbeda bukan berarti kita harus mengadopsi perbedaan tersebut. Pastikan dasar tradisi keluarga Anda sudah tertanam kokoh di dalam diri anak. Dengan mempelajari tradisi lain, wawasan anak pun bertambah luas. Pendampingan dari SuperParents sangat dibutuhkan agar anak mampu menilai perbedaan dengan persepsi yang tepat.

5. Biarkan anak terpapar keragaman

Kelak anak Anda akan dewasa dan menghadapi lebih banyak keragaman perbedaan dalam hidupnya. Sedari kecil biarkan dia bergaul dengan teman sebayanya, siapa saja. Biarkan dia mempelajari ragam perbedaan melalui pengalamannya sendiri. Dengan demikian dia pun tahu cara bertoleransi terhadap perbedaan.

6. Pilih dan pilah media untuk anak

Sumber: Geek3rds

Menjadi toleran tidak berarti harus menerima semua perilaku. Perilaku yang melanggar norma atau hukum, bullying, merendahkan ras atau kelompok tertentu, dan perilaku-perilaku buruk lainnya juga harus dipahami anak. SuperParents perlu jeli dalam membaca pesan yang tersirat dari media yang mereka tonton, baca, dengar agar tidak mempengaruhi arti toleransi.

 

Nah, dengan demikian anak akan lebih bijak menilai arti perbedaan dan tahu cara merespon perbedaan yang ada di sekitarnya. (CG)

Sumber: parenting.co.id

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK