ARTICLE

Mon - May 28, 2018 / 1329 / Inspirational

Hati-hati Dengan Doa!

Sebagai mahluk sosial, manusia tak bisa lepas dari interaksi. Dibutuhkan komunikasi untuk berinteraksi secara verbal. Komunikasi selalu terjadi dua arah. Yang satu berbicara, yang satu menanggapi. Menanggapi bisa sekedar mendengar, tapi bisa juga merespon dengan tindakan.

Sebagai orang Kristen, kita butuh berkomunikasi dengan Tuhan. Dengan berdoa, berarti kita sedang menjalin komunikasi dengan Tuhan. Doa yang kita naikkan bisa berupa ungkapan syukur. Kita juga sering menggunakan doa sebagai sarana memohon kepada Tuhan untuk memberikan sesuatu yang kita inginkan. Dan seperti fungsinya, ketika kita berbicara, Tuhan pastimenanggapi doa kita.

Bagaimana respon Tuhan atas doa kita?


Sumber: kesaksian.org

Mazmur 66:19-20 Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan. Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.

Pemazmur mengatakan bahwa setiap doa yang kita ucapkan didengar dan diperhatikan Tuhan. Kata diperhatikan menunjukan bahwa ada tindakan lebih dari sekedar hanya mendengar doa. Diperhatikan juga bisa berarti Tuhan menilai isi permohonan kita.

Bagaimana jika Tuhan menjawab “tidak” atas doa kita?

Matius 7:11 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Jawaban doa tidak harus selalu “ya.” Tuhan menjawab doa kita sesuai dengan penilaian-Nya. Jika anak kita meminta sesuatu yang membahayakan bagi dirinya, lantas apakah kita harus menurutinya? Yang kita butuhkan hanya percaya, Bapa di sorga pasti memberikan yang baik menurut pandangan-Nya.

 

Baca juga:

KALAU TUHAN ADA, MENGAPA DOA SAYA BELUM DIJAWAB? INILAH CARA MEMANGGIL NAMA-NYA

HAL YANG PERLU DIKETAHUI DAN DIAJARKAN KEPADA ANAK TENTANG DOA

 

Dibutuhkan kesiapan yang matang untuk menerima jawaban Tuhan atas doa kita

Efesus 3:20 Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.”

Tuhan dapat memberi kita jawaban yang lebih besar dari yang sekedar kita doakan. Untuk itu kita harus betul-betul siap menerimanya. Pastikan kita meminta sesuatu yang bisa kita pertanggungjawabkan hasil akhirnya di hadapan Tuhan. (CG)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK