ARTICLE

Sat - Jun 15, 2024 / 198 / Inspirational

Gunakan 10 Ayat Alkitab Ini Untuk Ajarkan dan Tanamkan Kejujuran Pada Anak

Sebagai orang tua Kristen, SuperParents tentu ingin mengajarkan nilai-nilai penting kepada anak-anak kita. Salah satu nilai yang paling esensial adalah kejujuran. Mengajarkan kejujuran kepada anak-anak bisa menjadi tantangan, namun dengan pendekatan yang tepat, kita dapat menjadikannya pelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

Kejujuran adalah fondasi dari integritas dan karakter Kristen. Tuhan menginginkan kita untuk hidup dalam kebenaran, serta menghindari kebohongan, kecurangan dan penipuan. Berikut adalah 10 ayat Alkitab yang dapat membantu kita mengajarkan dan menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak kita.

1. Amsal 12:22

Orang yang dusta bibirnya adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi orang yang berlaku setia dikenan-Nya.

Ayat ini mengajarkan bahwa Tuhan sangat menghargai kejujuran. SuperParents dapat menjelaskan bahwa ketika kita jujur, kita menyenangkan hati Tuhan.

2. Efesus 4:25

Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain,..

Ayat ini mengajarkan bahwa kejujuran adalah dasar dari hubungan yang sehat. Dengan bersikap jujur, kita membangun kepercayaan dan menghormati satu sama lain.

3. Kolose 3:9

Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya.

Kejujuran adalah tanda dari kehidupan baru dalam Kristus. Ayat ini membantu anak memahami bahwa menjadi jujur adalah bagian dari identitas mereka sebagai orang Kristen.

4. Mazmur 34:13

Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu.

Ayat ini mengingatkan bahwa kita harus berhati-hati dengan apa yang kita katakan. Ayat yang mengajarkan anak-anak untuk selalu berbicara dengan jujur dan menghindari kata-kata yang menipu.

5. Mazmur 37:37

Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan.

Ayat ini mengajarkan bahwa orang yang hidup dengan kejujuran dan kedamaian akan mengalami berkat-berkat Tuhan di masa depan.

BACA JUGAHidup Jujur Banyak Manfaatnya, Lho!

6. Ayub 8:6

Kalau engkau bersih dan jujur, maka tentu Ia akan bangkit demi engkau dan Ia akan memulihkan rumah yang adalah hakmu.

Dari ayat ini anak-anak dapat belajar bahwa dengan hidup bersih dan jujur akan membawa pemulihan dari Tuhan.

7. Mazmur 64:11

Orang benar akan bersukacita karena TUHAN dan berlindung pada-Nya; semua orang yang jujur akan bermegah.

Janji Tuhan kepada orang yang hidup benar dan jujur adalah membawa kita pada kebahagiaan di dalam Tuhan.

8. Mazmur 140:14

Sungguh, orang-orang benar akan memuji nama-Mu, orang-orang yang jujur akan diam di hadapan-Mu.

Hidup dalam kebenaran dan kejujuran akan membuat kita dekat dengan Tuhan.

9. Amsal 11:11

Berkat orang jujur memperkembangkan kota, tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya.

Ayat ini mengajarkan bahwa kejujuran membawa berkat yang dapat memperbaiki dan membangun, sedangkan kata-kata dari orang yang berbohong dapat merusaknya.

10. Amsal 15:19

Jalan si pemalas seperti pagar duri, tetapi jalan orang jujur adalah rata.

Ayat ini membandingkan cara hidup orang malas dengan orang jujur. Orang malas menghadapi banyak kesulitan seperti jalan yang penuh duri, sedangkan orang jujur memiliki kehidupan yang lebih mudah dan lancar.

Dengan menggunakan ayat-ayat Alkitab ini, SuperParents dapat membantu anak-anak memahami dan menghargai nilai kejujuran. Kejujuran tidak hanya membuat mereka lebih dekat dengan Tuhan, membangun iman mereka, menerima janji-janji Tuhan yang indah serta menjadi dasar yang kuat untuk hubungan mereka dengan orang lain.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK