ARTICLE

Mon - Feb 17, 2020 / 490 / Sunday School

GEREJA DARURAT PEMIMPIN GENERASI ANAK?! INI 5 TIPS MUDAH LAHIRKAN 5 PEMIMPIN GENERASI ANAK

Melahirkan pemimpin selanjutnya bukan hal yang mudah. Sekolah Minggu, yang menjadi tempat lahirnya generasi pemimpin sedari kecil, punya peran penting. Sayangnya, banyak sekolah Minggu tidak menyadarinya dan tidak mendidik generasi anak menjadi pemimpin.

Tahukah kakak, kita bisa mulai ajari anak memimpin sedari dini. Gimana sih caranya? Kakak bisa libatkan mereka dan berikan kepercayaan dalam beberapa kegiatan sehingga mereka terbiasa untuk memimpin nanti. Kegiatan apa saja itu?

Baca juga: 5 CHALLENGE BERBAHAYA DI MEDIA SOSIAL YANG GURU DAN ORANG TUA HARUS WASPADAI!

  1. Merapikan ruangan sekolah Minggu

Jika kakak ingin mengajari anak-anak dari dasar, mulailah dari merapikan ruangan yang akan dipakai. Kakak sudah bisa tanamkan hati rela melayani sudah melalui kegiatan ini. Mereka akan belajar melayani tanpa dilihat oleh teman-temannya, dan membuat mereka mengerti arti menjadi hamba.

  1. Menyiapkan permainan

Jika mereka setia membantu kakak merapikan ruangan sekolah Minggu, mulai percayakan mereka untuk ikut terlibat menyiapkan permainan di sekolah Minggu. Mulai dari peralatan, ide, bahkan kakak bisa percayakan mereka untuk memimpin permainan kak. Itu akan melatih kepercayaan dirinya dalam memimpin.

  1. Memimpin doa

Latihan selanjutnya bagi mereka adalah berikan kesempatan bagi mereka untuk melayani di mimbar, dimulai dengan memimpin doa. Tapi ingat, sebelum kakak berikan mereka kesempatan, kakak harus ajari dan berikan contoh ke mereka.

  1. Memimpin pujian

Selanjutnya, kakak berikan kesempatan untuk memimpin pujian penyembahan. Tapi, sama seperti doa, kakak harus ajari mereka dan berikan mereka contoh kepada mereka ya. Itu akan membuat mereka semakin siap dalam memimpin.

  1. Memimpin sharing/kesaksian

Terakhir, berikan mereka kesempatan untuk membagikan kebaikan Tuhan dalam hidup mereka. Ini tidak hanya menambah kepercayaan diri anak untuk memberitakan firman Tuhan, tapi bisa membuat ia semakin semangat untuk menjadi penginjil cilik loh. Hebat bukan?

Baca juga: YUK KAK PRAKTIKAN PELAJARAN TENTANG “VALENTINE TERBAIK” DI SEKOLAH MINGGU!

5 langkah ini akan membantu anak-anak untuk belajar menjadi pemimpin anak sedari dini. Hal ini juga sedang dikerjakan Superbook bersama gereja lokal, dengan program Discipleship Journey. Di program ini, Superbook bersama gereja lokal sedang mempersiapkan generasi pemimpin cilik selanjutnya.

Mulai dari mendidik mereka melayani di sekolah Minggu masing-masing, dengan lima langkah di atas, lalu mengajak teman-teman mereka nobar (Nonton Bareng) Superbook saat Paskah, terakhir, mereka akan belajar memimpin komunitas sel anak.

Jika kakak ingin tahu lebih lagi tentang Discipleship Journey, bahkan kakak tergerak untuk membantu menciptakan semakin banyak pemimpin generasi anak, kakak bisa klik tulisan di bawah. Percayalah, bahwa kemurahan hati akan menjadi warisan besar bagi generasi anak.

KLIK TULISAN INI UNTUK TAHU TENTANG DISCIPLESHIP JOURNEY

KLIK TULISAN INI UNTUK MEMBANTU DISCIPLESHIP JOURNEY

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK