ARTICLE

Mon - Sep 18, 2017 / 6494 /

FAQ : KURIKULUM SEKOLAH MINGGU SUPERBOOK!

Apa itu SUPERBOOK?

Pada tahun 1981, CBN menciptakan serial animasi anak-anak sebagai bagian dari penjangkauan ke negara Jepang. Sedikit saja disadari apa dampak serial ini di Jepang dan seluruh dunia.

Penelitian yang dilakukan selama dan setelah penjangkauan menunjukkan bahwa seri ini merupakan kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Superbook, juga dikenal sebagai Animated Parent and Child Theatre, adalah serial televisi anime yang diproduksi oleh Tatsunoko Productions di Jepang bersamaan dengan CBN di Amerika Serikat. Selama peluncurannya di Jepang, diperkirakan lebih dari 4 juta orang menonton setiap episode mingguan Superbook di televisi, yang mengakibatkan Alkitab menjadi buku terlaris di negara tersebut.

Dari Jepang, seri Superbook beredar ke seluruh dunia dari Asia hingga Amerika Utara. Pada tahun 1989, di tengah gejolak ekonomi dan politik, Superbook mulai tayang di Uni Soviet, dan untuk mendapatkan hasil maksimal Superbook disiarkan pada waktu prime time di Saluran Nasional Soviet. CBN menerima lebih dari 6 juta surat dari anak-anak, memperkenalkan generasi baru pada Alkitab. Bahkan saat ini, Superbook Kids Club adalah salah satu program anak-anak dengan rating tertinggi  di Ukraina. Sejak pertama ditayangkan di Jepang, serial ini sekarang telah disiarkan di lebih dari 1060 negara, diterjemahkan ke dalam lebih dari 43 bahasa, dan dilihat oleh lebih dari 500 juta orang.

CBN memproduksi versi 3D Superbook. Tujuannya adalah untuk menghasilkan seri baru yang akan menghormati warisan versi orisinilnya, dan mengenalkannya kembali kepada generasi digital. Seri baru ini dibuat oleh tim pemenang penghargaan Emmy® yang berpegalaman dalam pembuatan Disney's The Lion King, Mulan, dan Beauty and the Beast. Superbook memiliki potensi untuk menjangkau lebih banyak anak dengan pelajaran kuat yang menghadirkan kebenaran spiritual dan mempertahankan keakuratan historis.

Apa itu Video Kisah Alkitab SUPERBOOK?

Setiap modul Sekolah Minggu Superbook didasarkan pada satu episode Superbook. Setiap video animasi menampilkan karakter anak modern Chris and Joy, bersama dengan robot, Gizmo, mereka  menghadapi beberapa dilema yang dapat dikaitkan dengan setiap anak. Misalnya, mereka dihadapkan pada pengganggu, mereka tergoda untuk melakukan curang dalam ujian, atau mereka tidak mematuhi orang tua mereka. Saat itulah Superbook membawa mereka kembali pada masa Alkitab untuk bertemu dengan seorang tokoh Alkitab yang menghadapi jenis masalah serupa. Dengan melihat bagaimana tokoh tersebut dengan setia menghadapi kesulitan, anak-anak diperlengkapi dan dikuatkan oleh Firman Tuhan untuk juga bisa mengatasi tantangan mereka sendiri.

Versi Alkitab mana yang digunakan dalam kurikulum SUPERBOOK ini?

Kami menggunakan Alkitab LAI Terjemahan Baru, namun dalam materi video kami juga menggunakan versi Alkitab Kabar Baik atau Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS), dan terjemahan Inggris Modern. Karena setiap terjemahan memiliki ciri khas tersendiri, maka kami memberikan kata-kata yang lebih mudah untuk dipahami anak-anak sehingga membuat karakter lebih dekat.  

Siapakah Chris, Joy, dan Gizmo?

Chris dan Joy adalah bentuk penokohan kreatif yang menggambarkan generasi anak, Chris berusia 11 tahun dan Joy berusia 12 tahun. Gizmo adalah karakter imaginatif sebuah robot yang menambah unsur kreatifitas, keceriaan dan keseruan petualangan Superbook.

Siapakah Chris?

Chris Quantum adalah pemain skateboard, video gamer dan pemain gitar dari band garasi bersama teman - temannya di Sekolah Valleyview. Chris mempelajari rahasia Superbook melalui portal misterius ke masa lalu.

Chris punya kesempatan untuk berpetualang dengan Superbook, atletik, dan punya rasa penasaran.

Siapakah Joy?

Joy  Pepper adalah tetangga dan teman sekelas dari Chris Quantum dari Sekolah Valleyview. Dia lebih suka berpetualang dari pada Chris. Dia suka sepakbola, sangat energik, dan bagus di semua cabang olahraga.

Joy memiliki intuisi yang kuat tentang orang lain dan bagus dalam membuat dan menyelesaikan sebuah rencana.

Siapakah Gizmo?

 

Gizmo adalah robot cerdas yang diciptakan oleh ayahnya Chris, Profesor Quantum Dia suka memperbaharui dirinya agar lebih berguna dari pada hanya sekedar di laboratorium - berpetualang dengan Superbook. Dengan fiture yang keren, Gizmo dapat mengubah penampilannya sesuai kebutuhan.

Gizmo memiliki keterampilan dapat terbang dan membawa penumpang. Gizmo menggunakan informasi dan Geo Scan untuk menemukan lokasi dan waktu ketika berpetualang atau bepergian.

Apa tujuan kehadiran tokoh robot dalam Sekolah Minggu Superbook?

Superbook dirancang untuk melayani generasi virtual, kehadiran tokoh Gizmo memberi kesan modern dan canggih, serta menambahkan unsur humor karena gaya, ulah dan celoteh ringannya. Robot Gizmo juga berperan sebagai sumber data dalam perjalanan;  lokasi, waktu, zaman, dan berbagai data yang melengkapi anak-anak dengan info yang penting.  Tanpa Gizmo sangat sulit untuk mengetahui informasi tersebut.   

Karakter Gizmo juga memberi gambaran bahwa gadget dan teknologi bisa digunakan untuk tujuan yang baik, yaitu sebagai 'teman belajar' nilai-nilai kebenaran. Gizmo membantu anak-anak lebih mudah mengenal, memahami dan menghafal apapun yg ada di kurikulum Superbook.

Bagaimana mereka berinteraksi dengan tokoh-tokoh Alkitab?

Pada saat karakter-karakter itu berinteraksi dengan tokoh-tokoh Alkitab, kami sangat berhati-hati agar mereka tidak mengubah atau mempengaruhi peristiwa atau saat-saat penting. Tujuan dari interaksi ini adalah sebagai bentuk kreatifitas dalam penyampaian kebenaran Alkitab yang dapat diaplikasikan di generasi anak saat ini. 

Saya mempunyai beberapa ide untuk video Superbook dan hal lainnya, siapakah yang bisa saya hubungi?

Kami merasa terhormat dan sangat senang atas permintaan untuk berpartisipasi dalam proses produksi. Namun sayang sekali, kami tidak dapat menerima materi yang tidak diminta untuk pengembangan skrip, ide atau konsep-konsep yang berbasis video. 

Apakah kurikulum Sekolah Minggu Superbook ditujukan bagi anak-anak segala usia? 

Kurikulum ini ditujukan untuk rentang usia 6–12 tahun, meskipun beberapa pelajaran bisa juga untuk usia yang lebih muda, namun dengan pendampingan dari para guru. Karena beberapa unsur tematik, pada setiap modul akan disediakan penilaian yang harus diperhatikan oleh para guru.

Berapa banyak modul yang rencananya akan tersedia dan kapan? 

70 modul sedang dalam produksi. Rencananya kami akan mendistribusikan paket modul sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Visi kami adalah menyediakan kurikulum untuk 5 tahun.

superbookindonesia.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK