ARTICLE

Fri - Aug 25, 2017 / 5560 /

Enam Warisan "Terbaik" Orangtua Kristen Untuk Anaknya

Matahari pertanda pagi, bulan dan bintang menjadi pertanda malam. Selama tanda masih terlihat, maka waktu terus berjalan. Usia manusia makin hari makin bertambah. Mereka yang dulunya masih bayi akan beranjak menjadi seorang anak kecil. Begitupun anak kecil akan bertumbuh menjadi seorang remaja. Hingga seorang manusia menjadi dewasa. Itulah siklus manusia. Kita tidak bisa melawannya.
Oleh karena itu, selama di bumi, mari kita hidup benar sesuai dengan Firman Tuhan. Sebagai orangtua, ternyata Alkitab menuliskan sesuatu yang penting yang seharusnya kita lakukan untuk anak-anak kita. Sesuatu yang penting itu adalah meninggalkan warisan.
'Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya...' Amsal 13:22
Berbicara mengenai warisan, banyak yang berpikir mengenai harta dan benda. Namun, ada enam hal terbaik warisan orangtua Kristen untuk anak-anaknya. Inilah daftarnya :


1. Warisan 'Bahwa Hidup Kita ini Bukanlah Tentang Kita'

Sejak dari sangat belia, anak-anak perlu ditanamkan untuk mengasihi Tuhan dan juga sesama. Jika mereka sudah memahami bahwa misi utama kehidupan mereka di bumi adalah tentang Tuhan dan sesama maka mentalitas yang terbangun di dalam diri mereka adalah mentalitas yang sehat. Mereka tidak mudah tergoyahkan dengan tawaran dunia dan tumbuh sebagai pribadi yang peduli dan penuh cinta.

baca juga : Menjadi Ibu Yang Setia Dan Tak Hanya Sibuk, Ini 5 Tipsnya


2. Warisan 'Bekerja Keras dan Tidak Takut Pada Tantangan'

Teknologi memudahkan kerja atau aktivitas manusia. Namun, ternyata ini membawa dampak buruk. Orang bisa bermalas-malasan karena seharian merasa wajib bermain gawai (gadget). Mereka cenderung untuk memilih pekerjaan yang tidak melelahkan mereka.
Sebagai orangtua, kita tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi kepada anak kita. Kerja keras sesungguhnya tidak boleh hilang. Tantangan pasti selalu ada, tetapi bukan berarti mereka harus menghindari. Seharusnya, mereka melihat setiap rintangan yang ada sebagai pijakan untuk mereka semakin berkembang dan dewasa. 


3. Warisan 'Untuk Mengutamakan Karakter'

Jika melihat apa yang membuat seseorang keranjingan saat ini, tidak lain tidak bukan adalah berpenampilan luar yang menarik. Lihatlah tempat-tempat gym, yoga, toko-toko pakaian, atau majalah-majalah kaum urban saat ini. Semuanya seperti mendorong kita untuk mengejar sesuatu yang sifatnya fisik dan mengajarkan untuk ego-sentris.
Padahal itu bukanlah gaya hidup yang Tuhan inginkan. Ia justru ingin kita bersungguh-sungguh di dalam-Nya, bukan berfokus kepada hal-hal duniawi. Bagi-Nya, apa yang ada di dalam diri manusia adalah urusan utama.
Sebagai ayah dan ibu, kita harus mengajarkan anak-anak karakter yang  mengutamakan hubungan kepada Tuhan, keluarga dan lingkungan sekitar. Daripada hal-hal yang sifatnya untuk memoles penampilan luar.

baca juga : Ini 10 Ayat Alkitab Tentang Anak Yang Wajib Jadi Pegangan Orangtua KRISTEN!


4. Warisan 'Untuk Cepat Mendengar dan Lambat Berkata-kata'

Hidup ini selalu ada kaitan dengan hubungan dengan orang lain. Prinsip terbaik di dalam berinteraksi adalah cepatlah dalam mendengar dan lambat untuk berkata-kata.
Manusia pada dasarnya senang dihargai. Ia akan merasa bahagia jika lawan bicaranya menaruh fokus kepadanya. Anak-anak perlu mengerti akan hal ini karena dengan begitulah mereka bisa bersosialisasi dengan tepat.


5. Warisan 'Untuk Menerima dan Belajar dari Kesalahan Maupun Kegagalan'

Di dalam kehidupan manusia, tidak ada yang suka dengan kesalahan dan kegagalan. Namun, pada faktanya, ini justru sering kita jumpai di dalam keseharian.
Oleh sebab itu, kita perlu membangun paradigma yang benar kepada anak-anak kita. Kita tidak ingin mereka melakukan kesalahan dan kegagalan. Akan tetapi, saat mereka melakukan kesalahan hal kecil ataupun kegagalan dalam hal besar. Sebagai orang tua, kita harus membimbingnya agar tidak stres.
Saat terjadi kesalahan dan kegagalan, anak dibimbing untuk berkaca, belajar, dan memperbaiki. Anak-anak yang benar-benar diajarkan tentang ini, mereka nantinya akan menjadi orang-orang dewasa yang kuat dan kreatif.


6. Warisan 'Tentang Diampuni dan Mengampuni'

Iman Kristen orang percaya sesungguhnya berpijak pada persoalan diampuni dan mengampuni. Kita mendapatkan anugerah pengampunan dari Tuhan dan karenanya itu kita pun juga harus melakukan kepada sesama.
Anak-anak bakal banyak belajar dari orangtua akan hal ini. Mereka melihat seperti apa praktik pengampunan itu di dalam kehidupan orangtua mereka. Jika kita berhasil menerapkannya maka buah hati tercinta kita, pasti mau melakukannya dan memegang prinsip ini sampai selama-lamanya.

baca juga : Sebagai Orang Percaya, Jangan Ucapkan Kata-Kata Ini Kepada Anak Ketika Anda Marah!


Sumber : jawaban.com / superbookindonesia.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK