ARTICLE

Thu - Feb 10, 2022 / 8427 / Sunday School

Cerita Alkitab yang Mengajarkan Tentang Kasih dan Kebaikan

Sebentar lagi kita akan merayakan hari kasih sayang. Wah apakah sekolah minggu kakak juga membawakan tema tentang kasih atau cinta untuk bulan ini? Kalau ya, jika kakak masih ada yang bingung mau bahannya apa, Superbook punya referensinya lho! Dari cerita-cerita Alkitab ini, anak bisa belajar tentang kebaikan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka.

Apa saja cerita Alkitab yang membicarakan tentang kasih, cinta, atau kebaikan? Simak di bawah ini yuk!

Cerita Orang Lumpuh yang Disembuhkan (Lukas 5:17-26)

Ayat ini menceritakan tentang teman-teman si orang lumpuh yang punya iman dan kepercayaan yang amat kuat. Mereka percaya bahwa temannya bisa sembuh berkat pertolongan Tuhan Yesus. Demi kesembuhan temannya, mereka naik ke ke atas atap dan menurunkan temannya itu agar bisa bertemu Tuhan Yesus. Dari kisah ini, anak-anak bisa belajar dari teman-teman si lumpuh yang begitu mengasihi dia. Mereka juga punya iman yang kuat bahwa temannya bisa sembuh.

Baca juga : UBAH PERKATAAN GURU SEKOLAH MINGGU MENJADI KATA-KATA POSITIF AGAR KARAKTER ANAK BERTUMBUH

Mengasihi Musuh (Lukas 6:27-36)

Yesus Kristus menyerukan agar mengasihi musuh dan berbuat baik kepada musuh. Bahkan Yesus juga menyerukan untuk mendoakan mereka yang membenci kita. Dari kisah ini, anak bisa belajar untuk mendoakan musuh dan mengasihinya sedari mereka kecil. Anak belajar bahwa Yesus mengajarkan dia untuk membalas kejahatan dengan kebaikan.

Orang Samaria Yang Baik Hati (Lukas 10:25-37)

Mengisahkan tentang seorang Samaria yang tidak egois, membantu orang lain yang kesulitan, bahkan sampai tuntas, tidak setengah-setengah. Hal inilah yang perlu diajarkan kepada anak agar selalu membantu siapa saja meski orang tersebut tidak dikenal tanpa banyak syarat. Seperti Tuhan Yesus yang juga selalu melakukan kebaikan pada siapa saja.

Yesus Memberkati Anak-Anak (Markus 10:13-16)

Banyak orang dewasa yang masih meremehkan anak-anak. Belum berpengalaman lah, tidak tahu apa-apa lah, tidak bisa diandalkan, dll. Tapi justru anak-anak adalah masa depan kita. Mereka juga punya keistimewaan berupa kejujuran, kesetiaan, kepolosan, dan masih bergantung kepada orang tuanya. Oleh karena itu, Yesus mengajarkan kita untuk mengasihi anak dan menghargai mereka juga.'

Baca juga : KUATKAN PELAYANAN ANAK DI GEREJA DENGAN 10 CARA INI! NOMOR 3 LEBAY TAPI PENTING

Kisah Musa Membebaskan Bangsa Israel (Keluaran)

Kisah ini pastinya ngetop banget di kalangan anak-anak ya. Tuhan menunjuk Musa untuk menjadi pemimpin bangsa Israel agar bisa keluar dari tanah Mesir. Demi bangsanya, Musa berjuang bersama Tuhan untuk mengalahkan Firaun dengan 10 tulah. Melalui kisah Musa inilah, anak-anak bisa belajar tentang pentingnya kesetiaan pada segala yang diperintahkan oleh Tuhan. Sebagaimana Musa yang juga selalu setia untuk melakukan segala apa yang dikatakan Tuhan. Dari ketaatannya itulah, Musa bisa memetik hasilnya dengan berhasil memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK