ARTICLE

Wed - Jul 18, 2018 / 709 / Parenting

Cara Mudah dan Alkitabiah Untuk Menjelaskan “Apa Itu Malaikat” Kepada Anak

Pernahkah saat kamu kecil mendengar cerita tentang malaikat? Kalau saya sendiri pernah dan sempat mempercayainya. Malaikat ini dikirim Tuhan untuk menjaga dan selalu menolong kita. Tentu saja, karena saya masih kecil, pikiran saya adalah bagaimana caranya untuk tahu kalau bentuk dan rupa malaikat itu.

Mengajarkan anak pemahaman tentang malaikat itu tidak semudah kita memberitahukan kalau kita, sebagai orang tua, selalu ada untuk mereka lho. Anak yang memiliki sikap kritis akan mencari tahu sendiri siapa dan apakah sosok malaikat itu. Kenapa Tuhan mengirimkannya untuk menjaganya? Katanya Tuhan yang justru menolong dan menjaga si anak.

Baca juga: DOAKANLAH 5 HAL INI AGAR ANAK KUAT DALAM MENGHADAPI KEHIDUPAN SEKOLAH YANG BARU

Sebelum salah menjelaskan, sebaiknya SuperParents perlu untuk memperkenalkan malaikat sesuai yang tertulis di Alkitab, misalnya:

1. “sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.” (Mazmur 91: 11)

2. “Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.” (Mazmur 34: 5)

3. “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.” (Matius 18: 10)

Beberapa ayat ini bisa membantu anak terhindar dari informasi kurang tepat soal malaikat sesuai dengan apa yang disampaikan oleh orang lain, yang mungkin berasal dari keyakinan berbeda seperti Yahudi, Muslim atau kepercayaan lainnya.

Sumber: vivi.tarotguiderna.se

Tapi kalau SuperParents masih bingung juga bagaimana caranya untuk menggambarkan sosok malaikat ini kepada anak-anak, caranya bisa dengan:

1. Saat kita memberitahukan anak soal malaikat, pastikan kalau pembicaraan ini berpusat kepada Tuhan dan firmanNya. Pastikan kalau semua peran khusus yang dilakukan malaikat adalah untuk kemuliaan dan hormat bagi Allah sendiri (baca Kolose 1: 16; Wahyu 19: 9-10).

2. Pastikan kalau anak-anak percaya soal sosok malaikat hanya dari Alkitab. Jangan biarkan pikiran mereka tercemari dengan informasi-informasi lain yang kurang benar sumbernya. (baca 1 Yohanes 4: 1-3; 2 Korintus 11: 14)

Baca juga: ORANG TUA WAJIB MENONTON VIDEO INI, KARENA MEREKALAH “CERMIN” ANAK-ANAK!

Ajarkan pula mereka soal kisah nyata tokoh-tokoh di dalam Alkitab yang pernah bertemu malaikat Tuhan, seperti halnya dialami Abraham, Daniel, Maria ibu Yesus dan masih banyak lagi. Ceritakanlah kisah-kisah mereka dengan bahasa yang bisa dimengerti anak-anak kita.

Percayalah, saat parents sudah melakukannya dengan benar maka hasilnya pasti gak bakal sia-sia. Berdoalah supaya pengetahuan yang sudah kamu berikan berguna dalam hidupnya dan menolongnya dalam situasi yang dia hadapi.

Sumber: jawaban.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK