ARTICLE

Tue - Jul 10, 2018 / 856 / Parenting

Doakanlah 5 Hal Ini Agar Anak Kuat Dalam Menghadapi Kehidupan Sekolah yang Baru

Yeay, sekarang anak-anak sudah mulai memasuki babak baru dalam kehidupan pendidikannya. Ada yang TK sekarang masuk SD, atau naik kelas di SD, SMP, SMA, bahkan kuliah. Mereka telah naik satu tingkat lagi, dan tantangan di hidup mereka juga semakin bertambah. Apakah anak sudah siap menghadapi lembaran barunya?

Nah buat anak-anak yang baru lulus, jangan khawatir menghadapi dunia dan tantangannya yang baru ya.Yakin saja, melalui penyertaan Tuhan, mereka pasti mampu melewati itu semua dengan baik. Jadi tetaplah beriman dan berdoa, seperti mendoakan 5 hal ini:

Baca juga: ORANG TUA WAJIB MENONTON VIDEO INI, KARENA MEREKALAH “CERMIN” ANAK-ANAK!

1. Berdoa agar makin bijak

Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya.” Yakobus 1: 5

Berdoalah supaya Tuhan tambah-tambahkan kebijaksanaan dalam segala hal. Minta supaya Tuhan membentuk mereka jadi pemimpin dan pembawa pengaruh bagi generasinya. Seiring dengan pertumbuhan usia dan tingkatan, anak juga harus bisa jadi garam dan terang bagi lingkungan di sekitarnya.

 

Sumber: Prose and Postulations

2. Selalu dilindungi Tuhan

Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: 'Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.' Mazmur 91: 1-2

Berdoalah supaya dalam setiap langkahnya, Tuhan selalu menjaga dan melindungi. Minta supaya hari-hari mereka berjalan dengan baik­. Punya teman-teman sekolah yang baik, peduli dan menghormati satu sama lain dan dijauhkan dari berbagai macam tindakan kejahatan seperti bullying, kekerasan fisik dan hinaan dari orang terdekat. Andalkanlah Tuhan dan Dia akan menolong setiap waktu.

Baca juga: BUKAN CUMA ANAK YANG BUTUH TEMAN, ORANG TUA JUGA LHO!

3. Makin diberkati

TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.Bilangan 6: 24 – 26

Kelulusan sekolah ibaratnya seperti akan memulai perjalanan yang baru. Nah, untuk menjalaninya anak perlu Tuhan. Dia adalah pribadi yang berkuasa untuk membawanya pada perjalanan menarik dan penuh warna bersamaNya. Jadi, mintalah supaya Dia selalu memberkatinya dalam melewati level yang baru ini baik dalam hal kesehatan fisik, finansial keluarga, emosional maupun kerohanian.

 

4. Mendapat teman-teman yang baik

Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.Amsal 13:20

Naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi pasti akan jadi pengalaman baru dan asing. Anak mulai lagi mencoba berkenalan dengan orang baru. Untuk mendapat teman baik seperti teman di sekolah lama pasti sulit rasanya. Jadi, mintalah supaya Tuhan memperkenalkannya dengan orang-orang baru yang baik dan juga mau jadi temannya.

 

Sumber: Window To News

5. Memohon keberanian menghadapi tantangan baru

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.” Yosua 1: 9

Sebagai anak-anak Tuhan yang dikasihiNya, anaktidak perlu takut untuk melangkah atau menghadapi hal baru yang ada di depan. Anggap saja sekolah adalah perjalanan kehidupan yang harus ia lewati dengan baik. Sama seperti saat anak sedang bermain games dimana mereka harus melewati semua tahapan untuk mencapai kemenangan. Kunci untuk melewatinya, ya cuma satu yaitu keberanian.

Yang tidak kalah penting, doakan juga agar anak selalu menjalani pendidikan dengan penuh sukacita dan bahagia. Kalau dia tidak bahagia, bagaimana mungkin bisa belajar dengan baik dan menyelesaikan semua pelajaran dengan nilai yang memuaskan? Selain itu mintalah supaya Tuhan membentuknya jadi pribadi yang rendah hati dan mau taat dengan firmanNya. Karena firman Tuhan itu adalah pelita bagi hidup. (CC)

Sumber: jawaban.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK