ARTICLE

Thu - Apr 15, 2021 / 609 / Parenting

Cara Mudah Mengajarkan Anak Berdoa Sebelum Tidur dan Jenis-jenis Doanya

Doa sebelum tidur bisa menjadi sarana yang baik untuk anak belajar berkomunikasi dengan Tuhan. Anak bisa curhat apa yang ia alami seharian, mengucap syukur atas berkat yang Tuhan berikan, berbagi kekhawatiran dan apa saja harapan anak.

Kenapa anak harus berdoa sebelum tidur?

Berdoa sebelum tidur bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk mengingat masa lalu dan berterima kasih kepada Tuhan atas berkat dan bantuan-Nya di hari tersebut. Karena terkadang, kita saja mudah lupa saat terlalu banyak aktivitas dan malah berfokus pada masalah dan kekhawatiran kita. Nah mumpung anak masih kecil, kita bisa ajarkan mereka untuk mengucap syukur atas hal-hal kecil yang terjadi di hidupnya.

Cara mengajak anak berdoa sebelum tidur

  1. Jelaskan arti doa kepada anak.
  2. Contohkan caranya berdoa dan rangkai dengan bahasa sederhana yang mudah anak ikuti.
  3. Cari tahu apa yang ingin mereka doakan dan bersukacitalah saat doa anak dijawab.

Baca juga : MENGAPA HARUS TAAT DENGAN ORANG TUA ? INI JAWABAN YANG TEPAT !

Nah doa-doa apa saja yang bisa kita ajarkan kepada anak sebelum mereka tidur? Yuk simak di bawah ini:

  1. Doa untuk istirahat yang baik dan nyenyak (Mazmur 4)

Saat anak sulit tidur, ia bisa memohon kepada Tuhan untuk membantunya agar bisa mengistirahatkan tubuhnya.

Bapa, tolong berikan aku tidur yang nyenyak malam ini karena aku lelah. Terima kasih karena telah memberikan sukacita padaku hari ini. Sekarang aku mau tidur dengan damai karena Engkau besertaku. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

 

  1. Doa setelah melewati hari yang sulit (Mazmur 31)

Tuhan Yesus telah mengajarkan kita untuk meletakkan beban kita di Matius 11:28. Kalau pada hari itu anak sedang mengalami masalah, kesedihan, bullying, atau lainnya, ajak anak untuk membawanya kepada Tuhan agar Dia memberikan kelegaan pada anak sehingga bisa beristirahat.

Tuhan, aku bersyukur dalam cinta-Mu karena Engkau tahu masalah yang sedang kulalui dan mengetahui perasaanku saat ini. Tapi aku percaya Engkau menjadi perlindunganku. Bimbing aku Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa, Amin.

 Baca juga : 4 CARA MENGOPTIMALKAN POTENSI ANAK YANG HARUS ORANG TUA LAKUKAN SEDARI DINI

  1. Doa untuk pengampunan (Mazmur 51)

Tuhan telah berjanji untuk memberikan pengampunan saat kita datang, mengakui dosa dan kesalahan kita (Yohanes 1:9). Setelah anak diampuni oleh Tuhan, tentunya dia juga harus bisa mengampuni orang lain yang bersalah padanya.

Bapa, aku sudah (sebutkan kesalahannya) dan mendukakan hatimu. Ampuni aku karena telah berdosa dan melakukan hal yang salah. Bantulah aku untuk kembali pulih dan tidak mengulanginya lagi. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

 

  1. Doa ucapan syukur (Mazmur 65)

Tuhan mengajarkan kita untuk hidup penuh rasa syukur. Bahkan ketika sedang menghadapi masalah dan seperti tidak ada jalan keluar. Kita harus tetap bersyukur atas kasih, berkat, dan perhatian-Nya yang membawa penghiburan serta kekuatan.

Terima kasih Tuhan Yesus karena telah mengisi hidupku dengan hal yang baik, memberikanku harapan, apa yang kubutuhkan dan kegembiraan. Dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa, Amin.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK