ARTICLE

Tue - Apr 13, 2021 / 457 / Parenting

4 Cara Mengoptimalkan Potensi Anak yang Harus Orang Tua Lakukan Sedari Dini

Di era penuh informasi dan persaingan seperti saat ini, Superparents harus memupuk kemampuan anak agar mereka bisa menjadi seorang Lifelong Learner. Anak nantinya bisa beradaptasi dan bersaing dengan perubahan apapun. Apalagi mereka adalah generasi X dan Alpha yang sudah lekat dengan internet maupun media social.

Superparents harus mulai mengasah dan mengoptimalkan potensi anak dengan memberikan stimulasi yang tepat sejak dini. Ada empat pilar belajar progresif yang penting diterapkan dalam proses belajar anak.

Baca juga : 3 TIPS JITU MENGAJARKAN ANAK-ANAK HIDUP DENGAN KASIH MENURUT ALKITAB

  1. Experiental learning

Anak terlibat dalam pengalaman nyata yang dikaitkan dalam kesehariannya. Misalnya mengajarkan cara mengukur berat pada saat membuat kue bersama. Cara ini memudahkan anak memahami hal yang sedang ia pelajari. Bonusnya, akan tumbuh kecintaan pada belajar dengan sendirinya, sehingga anak menjadi seorang lifelong learner.

 

  1. Child centered learning

Anak diberikan kebebasan untuk mengembangkan ide dan kreativitasnya  ketika mempelajari suatu hal. Misalnya saat ia belajar menggambar, ia diberikan kebebasan untuk memilih alat gambar dan gambar yang akan dibuatnya.

 

  1. Collaborative learning

Memupuk kemampuan anak untuk dapat bekerjasama dengan orang lain ketika tugas lebih efektif jika dikerjakan bersama. Berfokus pada menghargai proses atau usaha yang sudah dilakukan anak dan memberikan apresiasi agar mereka tumbuh percaya diri.

 Baca juga : 15 TATA KRAMA YANG HARUS ORANG TUA AJARKAN KEPADA ANAKNYA SEJAK KECIL

  1. Personalized learning

Pengalaman yang diberikan kepada anak perlu mempertimbangkan karakteristik unik pada masing-masing anak. Caranya dengan melihat aspek tumbuh kembang anak, baik fisik, kognitif, psikologis, serta gaya belajar tiap anak yang berbeda satu dengan lainnya.

 

Jadi, sudahkah Superparents memberikan stimulasi yang sesuai dengan potensi anak? Yuk cari tahu lebih banyak tentang cara mendukung potensi mereka lewat artikel-artikel di website kami setiap harinya!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK