ARTICLE

Thu - Sep 02, 2021 / 337 / Sunday School

Cara Menyadarkan dan Menegur Anak Sekolah Minggu yang Memukul Temannya

Apa yang kakak lakukan jika ada anak yang memukul atau berbuat kasar kepada anak lain di sekolah minggu? Mendiamkannya, melerainya, menghukum, atau memarahinya? Ternyata kak, ada alasannya anak melakukan sikap agresif pada temannya.

Jika anak masih kecil, biasanya mereka belum bisa mengontrol perasaannya, sehingga si anak itu mengungkapkannya dengan dengan sikap marah aau menyerang orang lain. Bisa jadi juga, anak mendapatkan perlakuan keras di rumahnya sehingga ia terbiasa melakukan itu.

Baca juga : 5 AYAT ALKITAB YANG BISA MENGUATKANMU SAAT MELAYANI ANAK-ANAK

Cara yang bisa kakak lakukan di sekolah minggu adalah :

  1. Bacalah perasaan hati anak dengan tenang

Cari tahu apa yang membuat anak melakukan kekerasan. Apakah karena dia sedang marah, kesal, atau mencari perhatian? Jangan langsung hukum anak, tapi ajaklah ia berdialog untuk mengetahui penyebabnya.

 

  1. Bantu anak memikirkan perasaan teman yang sudah dikasari atau dipukul

Kakak bisa tanyakan kepada anak, bagaimana kalau mereka di posisi teman yang tadi dipukul. Bagaimana perasaannya dan apakah dia sakit atau akan memusuhinya.

 

  1. Tegur perilaku anak, tanpa harus menakut-nakuti atau memberikan ancaman dan mempermalukannya.

Dilarang menggunakan kalimat, “Nanti Tuhan Yesus marah lho!” atau, “Kamu mau jadi anak nakal?”, dll. Gantilah kalimat tersebut dengan menjelaskan kesalahannya, “Semarah apapun kamu, tapi memukul itu sikap yang tidak baik.”

 Baca juga : 7 AYAT ALKITAB YANG BISA JADI LANDASAN ANAK UNTUK BERDOA BAGI BANGSA DAN NEGARA

  1. Bantu anak melampiaskan amarahnya dengan perilaku lainnya yang lebih positif

Membalas bukanlah ajaran kasih ya kak. Momin masih ingat dulu waktu kecil pernah diajarkan, “Kalau kamu disakiti, balas saja supaya teman kamu tahu kalau kamu itu tidak bisa diganggu.” EITSS…. Ini cara yang salah ya kak. Justru Tuhan mengajarkan kita untuk melakukan KASIH. Jika anak melakukan kekerasan, ya lebih baik dia mengungkapkan emosinya dengan cara yang lebih baik. Misalnya saat dia marah, anak bisa menarik nafas dalam dan menghelanya sebanyak 10 kali agar lebih tenang.

 

  1. Ganti perasaan stres anak dengan kegiatan melepaskan stres

Jika anak masih emosi, kakak bisa membantunya tenang sejenak, membuat dia sadar akan kesalahannya dan ajak dia melepaskan stress lewat ice breaking. Ajak anak menjadi volunteer untuk permainan atau terlibat langsung dalam permainan.

Nah itulah lima cara yang bisa kakak guru sekolah minggu lakukan kalau ada anak yang melakukan kekerasan / memukul temannya. Kakak terberkati dengan artikel ini? Yuk share dan dukung pelayanan kami, agar semakin banyak guru sekolah minggu yang bisa mengembangkan talentanya dalam mengajar.

SAYA DUKUNG

Sumber : chaisplay

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK