ARTICLE

Fri - Jan 22, 2021 / 623 / Sunday School

Cara Membuat Pondasi atau Dasar yang Kuat di Sekolah Minggu

Membuat momen sekolah minggu menjadi tidak terlupakan oleh anak tentunya adalah harapan banyak guru sekolah minggu ya. Apalagi, anak mengalami perubahan sifat dan semakin berdampak setelah mereka belajar firman Tuhan. Untuk itulah kita perlu banget yang namanya meletakkan pondasi sekolah minggu yang kuat, agar anak bisa bertumbuh secara maksimal.

Terkadang kita berpikir sekolah minggu yang banyak anaknya, seru acaranya, dan punya segudang kegiatan kreatiflah yang akan disukai serta ‘mengena’ di anak-anak. Namun justru kita jadi lupa esensi yang seharusnya anak pelajari, yaitu firman Tuhan itu sendiri dan bagaimana mereka mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Untuk menciptakan sekolah minggu yang berdampak, kita juga harus meletakkan pondasi kuat dan tahan bila diterjang ‘badai’ apapun. Caranya gimana?

Baca juga : BAGAIMANA CARANYA MEMBUAT SEKOLAH MINGGU DI GEREJA SAYA MENJADI EFEKTIF?

Persiapkan sekolah minggu secara menyeluruh

Tanpa ada persiapan yang baik, sekolah minggu juga bisa berjalan kurang mulus. Entah saking gugupnya, kakak jadi salah ngomong atau disalah artikan sama anak-anak, tidak ada rencana cadangan kalau terjadi sesuatu di luar persiapan, dll.

Dengan persiapan yang matang dan menyeluruh, kakak bisa merasa lebih percaya diri, tidak cemas, dan merespon anak-anak secara positif serta tenang. Selain itu, anak-anak juga lebih mengerti akan firman Tuhan yang kakak bawakan. Melalui persiapan, kakak bisa mendalami firman Tuhan dengan lebih baik dan berpikir cara atau bahasa yang bisa digunakan untuk menjelaskannya sesuai dengan usia anak.

Dan yang paling krusial dalam persiapan adalah bawa pelayanan kakak dalam DOA. Persiapan sematang apapun, tetap harus melibatkan Tuhan dalam praktikknya. Mintalah perkenanan-Nya atas firman atau pelayanan yang akan kakak bawakan nanti.

Buat perjanjian bersama

Pertama-tama, bicarakan dengan anak-anak sekolah minggu bagaimana seharusnya menunjukkan rasa saling menghormati satu dengan yang lain dan berbuat kebaikan. Diskusikan itu bersama mereka sampai tercipta sebuah keputusan bersama. Tuliskanlah keputusan itu pada sebuah kertas poster yang besar. Kemudian temple di tempat dimana mereka mudah melihatnya, misalnya di depan kelas.

Baca juga : TIPS MENUMBUHKAN SIKAP POSITIF DAN EMPATI KEPADA ANAK MELALUI SEKOLAH MINGGU ONLINE

Cara ini bisa dilakukan oleh anak-anak yang berusia 3 tahun ke atas, karena mereka sudah bisa mulai memahami perilaku yang pantas dan sikap saling menghormati. Mintalah semua anak untuk mengikuti semua perjanjian tersebut, termasuk kakak sebagai guru sekolah minggu. Karena guru sekolah minggu sudah seharusnya menjadi teladan bagi anak-anaknya.

Menyapa setiap anak yang hadir

Datanglah lebih pagi daripada anak-anak dan para orang tua. Sapalah mereka yang datang di depan pintu, sebelum memasuki kelas. Karena sekarang lagi pandemi, kakak bisa memilih salam sapa seperti apa yang cocok dan seru untuk dilakukan. Misalnya salam siku, membuat gelombang dengan badan, menundukkan kepala, menyatukan tangan seperti berdoa, dan lainnya. Nah kalau ada anak-anak yang belum mau masuk kelas juga karena terlalu asik ngobrol di luar, kakak bisa tunggu sampai mereka siap masuk atau sampai jam sekolah minggu dimulai.

Pertama,kegiatan ini bisa menolong anak untuk mempersiapkan hati dan pikiran mereka untuk belajar. Kedua, anak punya waktu untuk mulai fokus mengikuti sekolah minggu. Ketiga, anak merasa penting dan diperhatikan karena guru telah menyapanya. Dan keempat, guru belajar untuk menghafal nama dan mengenal anak-anaknya setiap minggu.

Sekolah Minggu Online Superbook

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK